Bupati Lembata Beberkan Rencana Tata Kota Lewoleba agar Lebih Menarik

Bupati Lembata Beberkan Rencana Akan Menata Kota Lewoleba agar Lebih Menarik

Bupati Lembata Beberkan Rencana Tata Kota Lewoleba agar Lebih Menarik
POS-KUPANG.COM/Frans Krowin
Suasana rapat di Aula Kuma Resort, Lewoleba, Lembata, Senin (18/2/2019). 

Bupati Lembata Beberkan Rencana Tata Kota Lewoleba agar Lebih Menarik

POS-KUPANG.COM | LEWOLEBA - Bupati Lembata, Eliaser Yentji Sunur membeberkan beberapa isu strategis yang akan dilakukan pemerintah dalam tahun 2020 mendatang. Salah satunya, adalah menata Kota Lewoleba supaya lebih menarik.

Bupati Sunur mengungkapkan hal tersebut dalam arahannya saat menggelar rapat dengan seluruh pimpinan OPD (organisasi perangkat daerah) di Aula Kuma Resort, kediaman Bupati Sunur, Senin (18/2/2019). Rapat itu membahas Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Lembata tahun 2019-2022.

2 Putra Jokowi, Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep Tanggapi Unicorn yang Jadi Trending Topic

Dalam rapat tersebut, Bupati Sunur didampingi Kepala Badan Perencana pembangunan, penelitian dan pengembangan daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Lembata, Said Kopong dan Asisten III Sekda Lembata, Frans Langoday.

Dikatakannya, saat ini pemerintah memiliki 3 program prioritas untuk membangun daerah ini. Tiga program tersebut, yakni Pariwisata, Pertanian dan Perikanan. Dalam setiap program prioritas tersebut, selalu ada keterkaitannya dengan aspek lainnya.

Pengunjung PLBN Wini Capai Berk 100 Orang Per Hari

Misalnya, untuk membangun sektor pariwisata tentu harus dibangun infrastruktur seperti jalan, dan lainnya. Ada kaitannya pula dengan bidang lain, sehingga perlu dibuatkan rencana yang menyeluruh dan terpadu untuk menyukseskan program unggulan yang sudah ditetapkan.

Lantaran Lembata menjadikan pariwisata sebagai program unggulan, lanjut dia, maka pemerintah juga perlu membuatkan rencana untuk menata Lewoleba sebagai kota pariwisata. Penataan itu harus segera dilakukan agar wajah kota ini bisa menjadi lebih indah dan menarik.

"Salah satu hal yang membuat Lewoleba menjadi menarik, adalah akan dibangun trotoar untuk seluruh jalan dalam kota. Trotoarnisasi ini akan mulai dilakukan pada tahun 2020 mendatang," ujar Bupati Sunur.

Bila seluruh ruas jalan dalam kota dibangun trotoar, lanjut dia, maka OPD terkait perlu membuat perencanaan untuk itu. Jika ini dilaksanakan, maka itu yang namanya sinergitas antar OPD, sinergitas antarprogram dengan pariwisata sebagai lokomotif pembangunan daerah.

Saat ini, katanya, pemerintah sudah menentukan titik-titik pengembangan destinasi wisata di Lembata. Titik pengembangan itu, diantaranya Bukit Cinta, Pantai Mutiara, Pojok Cinta dan beberapa titik pengembangan lainnya. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Frans Krowin)

Penulis: Frans Krowin
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved