Tekan Pengendara Sepeda Motor Dibawah Umur, Satlantas Kupang Kota Gelar Program Kesamber Polisi

Dalam rangka menekan jumlah anak-anak dibawah umur menggunakan kendaraan bermotor, Satlantas Kupang Kota mengadakan program Kesamber Polisi

Tekan Pengendara Sepeda Motor Dibawah Umur, Satlantas Kupang Kota Gelar Program Kesamber Polisi
istimewa
Foto bersama sebelum para siswa dibawah umur menaiki mobil patroli dalam program Kesamber Polisi (Ke Sekolah Aman Bersama Polisi). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gecio Viana.

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Dalam rangka menekan jumlah anak-anak dibawah umur menggunakan kendaraan bermotor, Satlantas Kupang Kota mengadakan program Kesamber Polisi (Ke Sekolah Aman Bersama Polisi), Jumat (15/2/2019).

"Pengendara dibawah umur rentan terlibat dalam pelanggaran dan kecelakaan lalulintas akibat pemahaman anak terhadap aturan berlalulintas relatif masih rendah, dan juga tingkat kecerdasan emosional relatif rendah atau labil," kata Kasat Lantas Polres Kupang Kota, Iptu Rocky Junasmi, SIK kepada POS-KUPANG.COM pada Jumat (15/2/2019).

Dalam program yang telah dilaksanakan kurang lebih dua tahun tersebut, lanjut Rocky, pihaknya memberikan pelayanan terhadap para pelajar yang kesulitan mendapatkan angkutan menuju sekolahnya secara gratis.

Lebih lanjut, untuk melayani para siswa pihaknya menggunakan empat mobil yang setiap harinya dioperasikan untuk patroli pemantauan arus lalulintas pada pagi hari pukul 06.30 Wita hingga pukul 07.30 Wita.

BREAKING NEWS : Warga Tasifeto Barat-Belu Ditemukan Tewas

Empat mobil tersebut yakni dua mobil sedan yang dapat melayani 3-4 orang penumpang dan dua mobil minibus yang dapat melayani 6-7 orang siswa.

"Jadi sekali jalan. Kami sekalian patroli dan sekalian antar mereka ke sekolah. Kami juga sekalian melayani dan memberikan edukasi saat mengantar adik-adik kita ke sekolahnya," papar Rocky.

Para pelajar dapat menumpang mobil patroli pihak Satlantas Polres Kupang Kota di rute pemantauan arus lalulintas di kota Kupang.

Adapun rute yang dilalui yakni, pertama, Pos Lantas El Tari – Terminal Oebufu – Terminal Oepura – Jln El Tari 1. Rute kedua yakni dari Pos Lantas El Tari – Jln Frans Seda – Jln Piet Tallo.

Lebih lanjut, Rute ketiga yakni, Pos Lantas Eltari - Jln Cak Doko - Jln Tompelo - Gereja Katedral Kupang dan Rute keempat yakni, Teluk Kupang - Jln Timor Raya - Strat A - Jln Ahmad Yani.

Terkait rute tersebut, kata Rocky, para siswa yang bersekolah di sepanjang area tersebut dapat menumpang mobil patroli yang lewat dan akan diantarkan hingga ke sekolahnya.

Pihaknya di tahun 2019 ini akan konsisten dan lebih intensif menjalankan program tersebut karena mendapatkan respon yang positif dari masyarakat.

"Para orangtua merasa aman karena anak mereka ke sekolah dengan polisi," jelasnya.

Melalui kegiatan tersebut, dirinya berharap masyarakat lebih khusus para siswa dapat lebih dekat dengan pihak kepolisian.

Selain itu, melalui kegiatan tersebut para siswa sejak dini telah mendapatkan pengetahuan dan wawasan terkait kesadaran berlalulintas dan mematuhi aturan yang ada. (*)

Penulis: Gecio Viana
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved