Simak Enam Fakta Unik Tentang Wisata Sejarah Situs Tugu Jepang Kupang

Tidak hanya wisata pantai dan wisata gunungnya, Kupang juga menyimpan tempat wisata sejarah yang patut untuk dikunjungi dan dipelajari.

Simak Enam Fakta Unik Tentang Wisata Sejarah Situs Tugu Jepang Kupang
POS KUPANG/RYAN NONG
Situs Tugu Jepang 

TRIBUN WIKI : Simak Enam Fakta Unik Tentang Wisata Sejarah Situs Tugu Jepang Kupang

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Kota Kupang, ibukota Provinsi Nusa Tenggara Timur merupakan kota dengan seribu pesona pariwisata. Tidak hanya wisata pantai dan wisata gunungnya, Kupang juga menyimpan tempat wisata sejarah yang patut untuk dikunjungi dan dipelajari.

Salah satu wisata sejarah yang POS-KUPANG.COM rekomendasikan kepada pembaca adalah Situs Tugu Jepang. Situs ini terletak di daerah Penfui, tepatnya di Jalan Antonov RT.17/RW.18 Kelurahan Penfui, Kecamatan Maulafa Kota Kupang.

Meskipun merupakan lokasi peninggalan perang, namun letaknya yang strategis di dalam wilayah Kota, tentu mudahkan peminat wisata sejarah untuk mencapainya. Jaraknya tidak lebih dari satu kilometer arah selatan Bandara Internasional El Tari Kupang.

Dalam Usia 94 Tahun Pangeran Philip dari Inggris Alam Kecelakaan, Istana Serahkan SIM

Sudah Ada Undangan Via Telpon Bakal Menikah, Ini Tanggal Pernikahan Reino Barack dan Syahrini

Berikut enam cerita unik yang harus diketahui tentang Situs Tugu Jepang (Soya-bahasa Jepang).

Situs Tugu Jepang merupakan situs peninggalan bangsa Jepang saat perang dunia kedua melawan Sekutu. Situs ini dibangun pada bulan April 1943.

Menurut penuturan sejarah, sebelum dibangun situs itu, areal tersebut merupakan  tempat pembakaran mayat tentara Jepang yang gugur di medan perang melawan tentara Sekutu.

Situs tugu Jepang berbentuk persegi empat berundak-undak dengan 17 anak tangga. Undakan pertama paling bawah terdapat lima tangga, undakan kedua enam tangga dan undakan ketiga juga enam tangga.

Pada undak anyang ketiga terdapat sebuah ruangan ukuran 1x1 meter dengan pintu menghadap arah utara.

Tugu bagian depan yang menghadap Selatan menampilkan dua marmer yang bertuliskan nama-nama tentara jepang yang jenazahnya dibakar di lokasi tersebut.

Halaman
12
Penulis: Ryan Nong
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved