Berita Pendidikan

Simak Apa Yang Dilakukan SMPK Santo Yoseph Naikoten Jelang UAS dan UNBK Nanti

SMPK Santo Yoseph Naikoten Kupang mengadakan Ret-Ret bagi para siswa di Rumah Ret-Ret Susteran RVM Soe.

Penulis: Apolonia M Dhiu | Editor: Apolonia Matilde
ISTIMEWA
Siswa SMPK Santo Yoseph Naikoten Kupang ret-ret di Soe 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Apolonia Matilde Dhiu

POS-KUPANG.COM|KUPANG - Sekolah Menengah Pertama (SMP) Katolik Santo Yoseph Naikoten Kupang yang terkenal dengan sebutan Speksanyo mengadakan Ret-Ret bagi para siswa di Rumah Ret-Ret Susteran RVM Soe, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS).

Kegiatan yang bertujuan menyiapkan siswa mengikuti Ujian Akhir Sekolah (UAS) dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tersebut diikuti oleh siswa-siswi kelas 9, Kamis (7/2/2019) hingga Minggu (10/2/2019).

Pembimbing siswa, Romo Yohanes Tnomel, Pr, kepada Pos Kupang melalui telepon genggamnya, Jumat (8/2/2019), mengatakan, ret-ret tahunan tersebut mengusung tema 'Bersukacitalah Dalam Cinta, Iman, dan Ilmu'.

Harumkan NTT, Ini Pidato Lengkap Profesor Cornelis Lay Saat Dikukuhkan sebagai Guru Besar UGM

Romo Yohanes, mengatakan, ret-ret tersebut adalah bagian dari program pembinaan spiritual di sekolah yang bernaung di bawah Keuskupan Agung Kupang (KAK) tersebut.

Menurutnya, sebanyak 137 orang siswa dan 13 orang guru pendamping menikmati dinginnya Kota Soe dan hangatnya ret-ret di rumah ret-ret para Suster RVM.

Siswa SMP Katolik Santo Yoseph Naikoten, Sisilia Tiara Bata Putri dan Yoseph Copertino Manek Feha Laran Talok, menyatakan kegembiraan mereka dalam mengikuti kegiatan rohani sekolah.

SMP Katolik Santo Yosep Naikoten Kupang1
SMP Katolik Santo Yosep Naikoten Kupang1 (ISTIMEWA)

Ketua OSIS SMP Katolik Santo Yoseph Naikoten, Sisilia Tiara Bata Putri, mengatakan, ret-ret membantunya untuk mempersiapkan mental menuju ujian akhir nanti.

Valentine Day, Bikin Pacar Kamu Klepek-Klepek Dengan Kue Cokelat Stroberi Buatanmu

"Kami senang ret-ret ini memberi semangat cinta dan persaudaraan di antara kami anak-anak Speksanyo," katanya.

Yoseph Copertino Manek Feha Laran Talok, mengaku senang bisa mengikuti kegiatan rohani bersama teman-teman seangkatan.

Selain kegiatan belajar mengajar dan pengembangan diri, sekolah yang dipimpin oleh Pastor Fransiscus Amandus Oe Ninu, Pr, tersebut sangat memperhatikan pembinaan rohani yang terintegrasi dengan proses pendidikan.

Wakil Kepala Sekolah Urusan Kesiswaan SMP Katolik Santo Yoseph Naikoten, Xaverius Gadja, S.Pd, mengungkapkan kesaksiannya tentang upaya rohani sebagai bagian dari proses pendidikan di sekolah.

Jadal Kapal Pelni - Anda Ingin ke Bau-Bau Sulawesi Tenggara Menggunakan Kapal Pelni? Ini Jadwalnya

"Sekolah ini berupaya agar pembinaan rohani seperti ret-ret ini bisa membantu anak-anak menemukan kekuatan rohani untuk hidup dan masa depan," katanya.

Xaverius mengatakan, dengan ret-ret para remaja di sekolah yang terkenal dengan sebutan SPEKSANYO tersebut belajar untuk menyendiri dalam doa kepada Tuhan dan mengambil kekuatan untuk studi dan pengembangan diri.

SMP Katolik Santo Yosep Naikoten Kupang Ret-Ret di Soe
SMP Katolik Santo Yosep Naikoten Kupang Ret-Ret di Soe (ist)

Selain menikmati ret-ret, katanya, siswa-siswi sekolah kebanggaan umat KAK tersebut menyisihkan kesempatan sehari untuk mengunjungi teman-temannya di SMP Katolik Sint Vianney Soe, Sabtu (9/2/2019).

Jadwal Liga Inggris Malam Ini, Manchester United vs Fulham, Liverpool vs Bournemouth

Dia mengatakan, sebagai sesama sekolah milik Yayasan Swastisari KAK, kunjungan tersebut adalah kesempatan bersaudara dan saling berbagi semangat.

Dikatakanya, pada kesempatan tersebut para siswa-siswi kedua sekolah mengadakan Pentas Seni (Pensi) bersama.

Sebelumnya para siswa dari SMP Katolik Sint Vianey Soe pernah mengunjungi SPEKSANYO Naikoten tahun 2018 silam. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved