Info Haji

Biaya Haji Tak Alami Kenaikan Tetap Rp 35 Juta, Cek Daftar Nama-Nama Calon Jemaah

Biaya Haji Tak Alami Kenaikan Tetap Rp 35 Juta, Cek Daftar Nama Calon Jemaah dan Perkiraan Keberangkatannya ke Tanah Suci.

Biaya Haji Tak Alami Kenaikan Tetap Rp 35 Juta, Cek Daftar Nama-Nama Calon Jemaah
KOMPAS.com/Associated Press/Mosaab Elshamy
Jemaah haji mengeliling Ka'bah di Mekkah, Saudi Arabia. 

POS-KUPANG.COM - Komisi VIII DPR RI bersama pemerintah sudah mengesahkan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun 2019/1440 Hijriah, Senin (4/2).

Jemaah haji membayar biaya operasional rata-rata Rp 35.235.602. Angka ini sama dengan BPIH 2018.

“Tidak ada kenaikan penyelenggaraan ibadah haji pada tahun 2019 ini,” kata Ketua Panja BPIH Ace Hasan Syadzily di Kompleks Parlemen, Senin (4/2/2019) seperti dikutip POS-KUPANG.COM dari kompas.com.

Ace mengatakan, keputusan ini dibuat di tengah banyaknya tantangan. Pertama terkait depresiasi mata uang asing yang memengaruhi BPIH. Kedua, ada kenaikan general fee naqabah sebesar 10 persen yang ditetapkan Pemerintah Arab Saudi.

Komisi VIII dan Kementerian Agama, kata Ace, mencari solusi terbaik agar biaya haji tidak memberatkan jamaah haji. Apalagi, biaya haji 2019 tidak naik, tetapi turun jika dikonversikan ke mata uang dollar AS.

“Sebelumnya, pada 2018, sebesar 2.632 dolar. Sedangkan tahun ini 2.481 dolar AS. Jadi terjadi penurunan sebesar 151 dolar AS,” kata Ace.

Jokowi Minta Prabowo Lapor KPK Kalau Ada Kebocoran Anggaran Disertai Bukti-bukti

Tiga Pria Asal Kupang dan Kabupaten TTS Provinsi NTT Nekat Gantung Diri Dengan Motif Seperti Ini

Gara-gara Ketahuan Selingkuh dengan Istri Orang, Pria di Kefamenanu Gantung Diri dengan Tali Jemuran

kemenag.go.id

Atas pengesahan itu, Menag Lukman Hakim Saifuddin pun mengapresiasi kinerja DPR.

Lukman Hakim Saifuddin menilai DPR telah bekerja keras untuk menetapkan BPIH dengan rasional. Menurutnya, biaya haji Indonesia saat ini terendah se-ASEAN.

“Kami ingin menyampaikan ke masyarakat luas bahwa kita bersyukur DPR sesuai aspirasi masyarakat, tentu bersama pemerintah, berupaya menentukan biaya haji serasional mungkin. Ini sesungguhnya biaya haji termurah di kawasan ASEAN,” ujar Lukman Hakim Saifuddin.

Ia juga mengapresiasi kerja cepat DPR dalam menetapkan BPIH Tahun 2019. Lukman Hakim Saifuddin mengatakan pemerintah akan segera berfokus mempersiapkan penyelenggaraan ibadah haji tahun 2019.

Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin
Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin (Kemenag.go.id)
Halaman
1234
Penulis: Bebet I Hidayat
Editor: Bebet I Hidayat
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved