Operasi Bhakti TNI di Manggarai Buka Jalan Penghubung 2 Kecamatan

Operasi Bhakti TNI ke-104 tahun 2019 di Kabupaten Manggarai akan membuka Jalan Penghubung dua desa

Operasi Bhakti TNI di Manggarai Buka Jalan Penghubung 2 Kecamatan
POS-KUPANG.COM/Aris Ninu
Dandim 1612 Manggarai, Letkol Rudi Markiano Simangunsong, S.Sos 

POS-KUPANG.COM | RUTENG - Operasi Bhakti TNI ke-104 tahun 2019 di Kabupaten Manggarai akan membuka Jalan Penghubung dua desa yang berada di antara Kecamatan Reok dan Reok Barat.

Jalan penghubung antar dua desa itu akan dibuka melalui program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang diawali dengan Pra TMMD tanggal 4-23 Februari 2019 mendatang.

Program TMMD yang dilaksanakan TNI membantu tugas pemerintahan di daerah sebagai bagian dari komitmen TNI Angkatan Darat untuk ikut membangun bangsa dan negara bersama komponen bangsa lainnya secara sinergi dan berkesinambungan.

Dandim Manggarai, Rudi Simangsunsong: Media Bisa Mengkritisi Apa yang Belum Kami Buat

Program TMMD ini berupa akselerasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan, khususnya daerah yang tergolong tertinggal, terisolasi, perbatasan dan daerah kumuh perkotaan serta daerah lain yang terkena dampak akibat bencana.

Dandim 1612 Manggarai, Letkol Rudi Markiano Simangunsong, S.Sos dalam pemaparanny saat bersilaturahmi dengan media massa, BUMD, pelaku usaha dan unsur pemerintah Manggarai di Hotel Sindha, Ruteng, Senin (4/2/2019) pagi, menjelaskan, kegiatan TMMD di Manggarai akan diawali dengan Pra TMMD yang dimulai, Senin (4/2/2019) pagi di Kecamatan Reok.

Selama Status KLB, Pemkot Kupang Tanggung Biaya Perawatan Pasien DBD yang Masuk Rumah Sakit

"Hari ini sudah mulai dilakukan Pra TMMD di lokasi," kata Dandim Rudi.

Sementara Pasi Teritorial Kodim 1612 Manggarai, Lettu Simon Halek dalam pemaparannya mengatakan,TMMD Ke-104 akan berpusat di Desa Watu Baur, Kecamatan Reok, Kabupaten Manggarai.

Simon mengatakan, dalam program Operasi Bhakti TNI ini berujuk pada UU Nomor 34 Tahun 2004 tentang Operasi Militer selain perang. TMMD ini akan diawali dengan Pra TMMD pada tanggal 4-23 Februari 2019 mendatang.

"TMMD di Manggarai akan melibatkan 150 orang anggota TNI dan unsur lain. Yang mana dalam TMMD ini ada kegiatan fisik pembukaan jalan sepanjang 6,6 Km yang menghubungan dua desa yakni Desa Watu Baur di Kecamatan Reok dan Desa Rura, di Kecamatan Reok Barat. Ada juga pembangunan 7 unit deker, 1 unit gorong-gorong, 2 unit poskamling dan rehap Kapela Stasi Racang," ujar Simon.

Selain itu, papar Simon, ada kegiatan non fisik seperti penyuluhan bela negara, pertanian, kesehatan dan KB, bahaya narkoba, hukum, bencana alam, peternakan, kehutanan, rekrutmen TNI, kehutanan, bahaya radikalisme, bakti sosial pengobatan massal, pembagian sembako dan pasar murah.

"Sesuai rencana pembukaan TMMD Ke-104 akan dilaksanakan Rabu (27/2/2019) mendatang," papar Simon. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Aris Ninu)

Penulis: Aris Ninu
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved