Berita Kabupaten Nagekeo

Pedagang di Pasar Danga Kota Mbay Direlokasi

Sebanyak 840 para pedagang yang aktif berjualan setiap hari di Pasar Danga, dengan kegiatan ekonomi berbagai jenis usaha dan menghuni di pasar induk

Pedagang di Pasar Danga Kota Mbay Direlokasi
Pos kupang.com/Gordi Donafan
┬áSuasana lokasi Pasar Danga di belakang Lapangan Berdikari Danga Kota Mbay Kabupaten Nagekeo, Sabtu (2/2/2019). 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Gordi Donofan

POS-KUPANG.COM | MBAY --Sebanyak 840 para pedagang yang aktif berjualan setiap hari di Pasar Danga, dengan kegiatan ekonomi berbagai jenis usaha dan menghuni di pasar induk Kota Mbay, untuk sementara dipindahkan dari tempat semula ke belakang podium lapangan Berdikari Danga oleh Pemerintah Daerah melalui Dinas Koperindag Nagekeo.

Pemindahan itu terpakasa dilakukan dan hanya bersifat sementara, karena Pasar Danga dan kompleks Terminal Danga yang berada dalam satu Areal sedang ditata dan diperbaiki agar menjadi lebih teratur, tertata sehingga tidak terkesan, kumuh.

Sekretaris Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Kabupaten Nagekeo, Imosensi Panda, menjelaskan alasan para pedagang di pasar Danga di pindahkan sementara karena kondisi lokasi pasar Danga yang merupakan pasar induk tidak layak untuk di huni oleh para pedagang dalam berjualan di tempat itu.

"Pasar itu selama ini terkesan semrawut, tidak teratur sehingga menjadi tidak rapih dan kumuh.

Ini Ungkapan Hati Peserta Millenial Festival Safety Riding, Ternyata Polisi Sayang Kita

Oleh karena itu, perlu ditata dan diatur kembali. Bangunan - bangunan kios milik warga perlu ditata kembali agar menjadi lebih tertata," ujar, Imosensi, Sabtu (2/2/2019).

Ia mengatakan para pedagang aktif, yang berjumlah 840, selama ini berjualan di lokasi yang tidak layak dan tidak tertata baik sehingga kelihatan kumuh. Apalagi jika musim hujan turun seperti sekarang ini,lokasi tersebut selalu digenangi air dan becek.

Petugas Puskesmas Boawae Lakukan Fogging

Dengan melihat kondisi tersebut maka kami dari Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas Koperindag bersama instansi terkait dalam hal ini Dinas PUPR Nagekeo, saat ini sedang melakukan penataan dan pengurugan di lokasi pasar induk tersebut.

Imosensi menjelaskan, para pedagang ini dipindahkan sementara dalam waktu kurang lebih 3 bulan, terhitung sejak hari ini tanggal 18 Januari hingga ke tanggal 18 April 2019.

Tujuannya pemindahan sementara itu untuk memberikan kesempatan kepada pemerintah agar bisa mengatur dan menata serta memperbaiki kembali agar pasar ini menjadi lebih baik.

Halaman
12
Penulis: Gordi Donofan
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved