Bupati Kamelus Keluarkan Instruksi Terkait Sampah di Kota Ruteng

Bupati Manggarai, Dr. Deno Kamelus, S.H, M.H mengeluarkan instruksi terkait sampah di Kota Ruteng, Ibukota Kabupaten Manggarai

Bupati Kamelus Keluarkan Instruksi Terkait Sampah di Kota Ruteng
POS-KUPANG.COM/ARIS NINU
ASN di Manggarai pungut sampah di Kota Ruteng 

Bupati Kamelus Keluarkan Instruksi Terkait Sampah di Kota Ruteng 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Aris Ninu

POS-KUPANG.COM | RUTENG- Bupati Manggarai, Dr. Deno Kamelus, S.H, M.H mengeluarkan instruksi terkait sampah di Kota Ruteng, Ibukota Kabupaten Manggarai. Instruksi yang ditujukan kepada tiga  instansi, Satuan Pol PP Manggarai, Dinas Lingkungan Hidup (LH) Manggarai dan Camat Langke Rembong itu  dalam rangka mengatasi persoalan sampah di Kota Ruteng usai kota itu mendapat predikat Kota Terkotor di Indonesia.

Dalam instruksi tertulis yang diterima  POS-KUPANG.COM di Kantor Bupati Manggarai, Jumat (1/2/2019) siang, Bupati Manggarai, Dr. Deno Kamelus, S.H, M.H menginstruksikan pejabat di tiga instansi itu menegakkan Perda Nomor: 2 Tahun 2013 tentang pengelolaan sampah.

Bupati Deno menegaskan; pertama, segera melakukan pengawasan dan patroli secara rutin setiap hari untuk penegakan perda.

Pagi-Pagi Gubernur NTT Viktor Laiskodat Pungut Sampah, Jengkel Kota Kupang Terkotor se Indonesia

Atasi Sampah di Kota Kupang, Jefri Akan Ubah Total Sistem Kerja

Kedua, mengambil langkah tegas sesuai perda bagi setiap orang dan kelompok serta badan yang membuang sampah di tempat yang dilarang antara lain di jalan Ruteng-Labuan Bajo, Ruteng-Reo, Ruteng-Borong, Ruteng-Lalong-Rua dan Carep-Timung.

Ketiga, segera koordinasi dengan Polres Manggarai, Kodim Manggarai, camat dan  lurah di Langke Rembong unbtuk memastikan aspek legalitas atau perizinan tempat usaha penampungan barang-barang bekas seperti plastik, besi tua dan lain-lain di Langke Rembong.

Keempat, Kasat Pol PP Manggarai segera menertibkan rumah dan gedung yang sedang dibangun tetapi belum memiliki ijin mendirikan bangunan (IMB).

Plt Kadis Lingkungan  Hidup (LH) Manggarai, I Ketut Suastika di Kantor Bupati Manggarai membenarkan adanya instruksi tersebut.

“Kami dari Lingkungan Hidup Kabupaten Manggarai sudah melakukan langkah penanganan agar persoalan sampah  bisa teratasi,” kata Ketut  Jumat (1/2/2019) siang.

Asisten I Setda Manggarai, Frans Kakang pun menegaskan, penanganan kebersihan di Kota Ruteng usai predikat Kota Ruteng dinobatkan sebagai kota terkotor di Indonesia hendaknya disikapi secara menyeluruh oleh masyarakat di daerah itu.

“Semua harus bergerak. Pemerintah tidak tidur dan akan terus berupaya mengatasi masalah sampah di daerah ini,” tegas Frans. (*)

Penulis: Aris Ninu
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved