Ini yang Dilakukan Dinas Lingkungan Hidup Nagekeo Lestarikan Pesisir Pantai Marapokot Mbay

Ini yang Dilakukan Dinas Lingkungan Hidup Nagekeo Lestarikan Pesisir Pantai Marapokot Mbay

Ini yang Dilakukan Dinas Lingkungan Hidup Nagekeo Lestarikan Pesisir Pantai Marapokot Mbay
POS-KUPANG.COM/Gordi Donofan
Suasana aksi penghijauan berupa penanaman anakan pohon di Pesisir Marapokot Desa Marapokot Kecamatan Aesesa Kabupaten Nagekeo, Rabu (30/1/2019). 

Ini yang Dilakukan Dinas Lingkungan Hidup Nagekeo Lestarikan Pesisir Pantai Marapokot Mbay

POS-KUPANG.COM | MBAY -- Dinas Lingkungan Hidup Nagekeo fokus untuk pelestarian lingkungan hidup saat ini.

Seperti pelestarian dipesisir pantai dan dikawasan lainnya yang dianggap perlu dikembangkan anakan pohon supaya menyelamatan lingkungan.

"Kami menanam pohon dalam rangka mengatasi abrasi dipesisir pantai demi kenyamanan dan penghuni," ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup Nagekeo, Marsel Muda, SH, di Kawasan Marapokot Mbay saat kegiatan penghijauan, Rabu (30/1/2019).

Bangunan Eks Terminal Carep Dirobohkan, Victor Madur: Fungsinya Dialihkan ke Pendidikan

Ia menyebutkan ada ratusan anakan pohon yang ditanam dipesisir pantai. Ia menginginkan agar diseluruh wilayah pesisir ditanaman pohon seperti Sengon laut, Trambesi, Kesi dan Waru.

Ia menyebutkan kegiatan ini berkat kerjasama Danspol AL, LSM dengan para relawan, para pemuda, ormas dan ASN. "Tahun ini kita harus tanam lagi seluruh pesisir pantai. Kita harus fokus," ujarnya.

Kerja Proyek Rp 13 Miliar, Dinas Nakertrans Sumba Timur Kerja Sama Kejari Waingapu

Sementara Danspol AL Marapokot, Pelda Suntoko, mengatakan, pelestarian lingkungan harus dimulai saat ini.

Semuannya harus saling mendukung menjadikan Nagekeo sebagai salah satu daerah Pariwisata.

Ia mengatakan menjadikan Nagekeo sebagai daerah Pariwisata, tentu pihak Angkatan Laut sangat mendukung itu.

"Ke depan konsep pariwisata Nagekeo itu harus ada. Selama ini orang larinya ke riung tidak ada jebakan di Mbay. Kitakan poros Maritim. Mulai saat ini kita siapkan. Pariwisata yang mahal. Ada pantai yang indah, Karang yang indah di Ritaa, dan kawasan lainnya. Kita bisa sewa kapal dan bersama Lanal coba diving dan snorckling kita eksplore bersama. Jangan hanya dunia tapi kita juga daerah bisa eskpos, selama jarang eskpos itu," ujarnya.

Ia berharap adanya dukungan semua pihak untuk melestarikan lingkungan. Tanam anakan pohon serta harus dirawat hingga jadi.

Ia juga mengingatkan perlu perhatikan sampah. Sampah tidak boleh dibuang sembarangan. Kawasan pantai harus bebas dari sampah.

Adapun yang terlibat dalam aksi penghijauan tersebut diantaranya, Dinas Lingkungan Hidup, TNI AL, TNI Angkatan Darat dari Koramil Aesesa, ASN, Pemuda Peduli Sampah, Forum PRB Nagekeo, Ngopi Peduli Marapokot, BPBD, Remaja Masjid Marapokot dan Nangadhero, KP3, Syahbandar Marapokot, Pemuda Katolik, pimpinan OPD, OMK Marapokot, CIS Timor, Pramuka dan lainnya. Kegiatan tersebut berjalan aman lancar hingga usai. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gordi Donofan)

Penulis: Gordi Donofan
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved