Berita Kabupaten Manggarai Terkini

Mau Jadi Ruteng Kota Molas Ini Saran Yance Janggat

Predikat yang diberikan kepada Kota Ruteng sebagai Kota Terkotor di Indonesia hendaknya memacu semua pihak agar terus menjaga dan merawat kebersihan

Mau Jadi Ruteng Kota Molas Ini Saran Yance Janggat
POS-KUPANG.COM/ARIS NINU
Yance Janggat, S.H. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Aris Ninu

POS-KUPANG-COM-RUTENG-Predikat yang diberikan kepada Kota Ruteng sebagai Kota Terkotor di Indonesia hendaknya memacu semua pihak agar terus menjaga dan merawat kebersihan di kota.

Salah satu cara agar Kota Ruteng menjadi Kota Molas dan tidak mendapat predikat sebagai kota terkotor perlu adanya gerakkan bersama.

Yang mana masyarakat harus dilibatkan secara aktif guna menjaga kebersihan. Pemerintah tentunya tidak bisa bekerja sendiri.

Oleh karena itu, Yance Janggat, S.H, warga Kelurahan Lawir, Kecamatan Langke Rembong kepada POS-KUPANG.COM di kediamannya, Selasa (29/1/2019) siang meminta Pemkab Manggarai harus menggerahkan semua elemen masyarakat di Langke Rembong.

Keterlibatan elemen masyarakat, kata Yance, yakni menggandeng semua pemangku adat di Kecamatan Langke Rembong bersama-sama masyarakat agar berperan menjaga kebersihan.

“Tetapi sebelumnya pemerintah hendaknya master plan pembangunan Kota Ruteng sebagai Kota Molas. Master plan ini penting agar ke depan pembangunan di Kota Ruteng bisa ditata menjadi lebih baik lagi. Predikat Kota Ruteng yang diberikan harusnya menjadi semangat bagi semua pihak guna bersama-sama pemerintah. Pemerintah tidak mungkin bekerja sendiri tanpa dukungan masyarakat,” ujar Yance.

Ia mengungkapkan, peran pemerintah kelurahan sampai ke tingkat RT sangatlah dibutuhkan. Bila perlu menghadirkan masyarakat dengan mendengar langsung apa yang diinginkan masyarakat.

“Misalnya pemerintah mau membangun tempat pembuangan sampah di kelurahan-kelurahan hadir masyarakat dan minta dukungan kepada masyarakat. Bila perlu masyarakat yang menentukan lokasinya,” papar Yance.(*)

 

 
 

Penulis: Aris Ninu
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved