Di Kabupaten TTS Dari 266 Desa, Baru 95 Yang Miliki Badan Usaha Milik Desa

Hingga saat ini belum seluruh desa di Kabupaten TTS sudah memiliki Badan Usaha Milik Desa ( Bumdes) .

Di Kabupaten TTS Dari 266 Desa, Baru 95 Yang Miliki Badan Usaha Milik Desa
Pos Kupang.Com/ Dion Kota
Kepala BPMD Kabupaten TTS, George Mella 

Di Kabupaten TTS Dari 266 Desa, Baru 95 Yang Miliki Badan Usaha Milik Desa 

POS-KUPANG.COM| SOE – Hingga saat ini belum seluruh desa di Kabupaten TTS sudah memiliki Badan Usaha Milik Desa ( Bumdes) . Dari 266 Desa yang ada, baru 95 Desa yang memiliki Bumdes.

Namun dari jumlah tersebut tersebut, tidak seluruh Bumdes yang sudah mampu mengeluarkan Komoditi unggulan untuk dijual keluar.

Hanya berkisar 20 Bumdes yang sudah berhasil mengeluarkan komoditinya.

Hal ini diungkapkan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa ( BPMD) Kabupaten TTS, George Mella saat ditemui pos kupang, Selasa (229/1/2019) di ruang kerjanya.

Mella mengaku, lambatnya pembentukan Bumdes di desa disebabkan karena belum pahamnya pemerintah desa terkait fungsi dan manfaat dari keberadaan Bumdes.

Oleh sebab itu, Dirinya akan segera melakukan rapat bersama para pendamping desa guna mendorong pembentukan Bumdes di seluruh desa.

"Siang ini, saya akan rapat bersama dengan para pendamping desa untuk menindaklanjuti surat edaran dari Gubernur NTT, Viktor Laiskodat terkait pembentukan Bumdes di Desa dengan minimal satu Komoditi unggul. Target kita tahun ini harus seluruh desa miliki Bumdes," ungkap Mella.

Ketika disinggung terkait ide Gubernur Viktor terkait pembentukan market di daerah, dimana Pemerintah dan pengusaha diwajibkan untuk membeli hasil Bumdes, Mella mengaku, hal tersebut memang belum dilakukan oleh pihaknya.

Mahasiswa Politeknik Tidak Pernah Praktek Pengoperasian Alat Berat, Pudir II: Itu Bukan Level Mereka

104 Siswa SMK Negeri I Aimere Ikut Simulasi UNBK

Marianus Sebut Kades Ibarat Induk Ayam yang Lindungi Anak-anaknya Dari Musuh

Selama ini yang terjadi Bumdes menjual komoditinya sendiri. Namun ke depan, dirinya berjanji akan berkoordinasi dengan Pemda TTS agar bisa membuat market Bumdes seperti yang diinginkan Gubernur Viktor.

Halaman
12
Penulis: Dion Kota
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved