Ini Jadwal Pasola Kodi Hasil Kesepakatan Para Rato

Para rato (tua adat) Kampung Tosi, Dinga Loghe, dan Rato Kampung Bokubani, Rangga Mete, di Desa Wura Homba, Kecamatan Kodi

Ini Jadwal Pasola Kodi Hasil Kesepakatan Para Rato
ISTIMEWA
ilustrasi pasola 

POS KUPANG.COM, TAMBOLAKA -- Para rato (tua adat) Kampung Tosi, Dinga Loghe, dan Rato Kampung Bokubani, Rangga Mete, di Desa Wura Homba, Kecamatan Kodi, Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD), bersama para rato Kampung Adat Kodi lainnya menggelar ritual adat untuk menetapkan jadwal pegelaran pasola Kodi.

Acara pasola tersebut ditetapkan berlangsung akhir Januari 2019.

Kesepakatan pasola ini disampaikan Rato Dinga Loghe dan Rato Rangga Mete, bersama semua tokoh adat kepada Wakil Bupati Sumba Barat Daya, Drs.Ndara Tanggu Kaha, dan rombongan dalam pertemuan bersama di Kampung Tosi di Desa Wura Homba, Kecamatan Kodi, Jumat (25/1/2019).

Menyikapi kesepakatan itu, Wakil Bupati Sumba Barat Daya, Drs. Ndara Tanggu Kaha, mengatakan, kehadiran pemerintah hanya berperan sebagai fasilitator agar gelar acara budaya pasola berjalan aman dan lancar sehingga memberi kepuasan kepada wisatawan yang menyaksikannya.

Kehadiran pemerintah, diakui Wabup Ndara Tanggu Kaha, bertujuan agar pelaksanaan pesta budaya pasola, salah satu atraksi budaya tersohor dunia itu, dan satu-satunya hanya ada di Pulau Sumba, berjalan aman dan lancar. Dan, di Pulau Sumba hanya berlangsung di Kodi, Kabupaten Sumba Barat Daya dan di Lamboya serta Wanokaka, Sumba Barat.

"Sebagai pemilik budaya pasola Sumba harus berupaya sebaik mungkin memberikan kenyamanan bagi setiap wisatawan yang datang menyaksikannya. Pemerintah berkeinginan kuat agar gelar pesta budaya pasola berjalan lancar sebagaimana biasanya dan memberi rasa nyaman bagi setiap wisatawan yang menyaksikannya," jelas Ndara Tanggu Kaha.

Operasi Sajam dan Miras
Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Kecamatan Kodi, Sumba Barat Daya, Ipda Bernardus Mbili Kandi, mengatakan, demi menjaga keamanan dan ketertiban pelaksanaan pasola Kodi, pihaknya menggelar operasi penertiban terhadap senjata tajam (parang, tombak) yang dibawa warga di area umum.

Selain itu, pihak kepolisian juga akan melakukan operasi penertiban terhadap minuman keras yang beredar di wilayah Kodi. Hal itu karena keributan di arena pasola biasa terjadi karena para pemain sudah mabuk miras.

Mbili Kandi menyampaikan hal ini dalam pertemuan persiapan pelaksanaan pasola Kodi tahun 2019 dengan para rato, Jumat (25/1/2019).

Menurutnya, pelaksanaan pasola Kodi selama beberapa tahun terakhir ini semuanya berjalan kondusif. Mbili Kandi berharap kondisi tersebut tetap dipertahankan bahkan ditingkatkan.

"Kepolisian bertekad menjadikan pasola kali ini menjadi pasola bermartabat. Karena itu, perlu kerja sama semua komponen," tegasnya.(pet)

Jadwal Pelaksanaan Pasola Kodi 2019
-------------------------------------------------------------
* 30 Januari Pasola Homba Kalayo
* 1 Februari Pasola Bondo Kawango
* 2 Februari Pasola Rara Winyo
* 7 Maret Pasola Maliti Bondo Ate
* 8 Maret Pasola Waiha
* 9 Maret Pasola Wainyapu

Penulis: Petrus Piter
Editor: Alfred Dama
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved