Berita Kabupaten Kupang Terkini

90 Penyuluh  Tidak Hanya Dapat Teori Tapi Langsung Praktek Lapangan

peserta pelatihan peternakan dari 8 provinsi di Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kupang, NTT, tidak hanya mendapat materi teori saja.

90 Penyuluh  Tidak Hanya Dapat Teori Tapi Langsung Praktek Lapangan
Pos Kupang.com/Edy Hayong
Kepala BBPP Kupang, Dr. Adang Warya, MM ketika menyampaikan materi bagi peserta, Senin (28/1/2019)   

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Edi Hayong

POS-KUPANG.COM I NOELBAKI----Sebanyak 90 peserta pelatihan peternakan dari 8 provinsi di Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kupang, NTT, tidak hanya mendapat materi teori saja.

Mereka akan dibagi dalam tiga kelas dengan materi pelatihan berbeda yakni Kelompok Pertama,  tentang Pelatihan Teknis Pengolahan Hasil Ternak bagi penyuluh/petugas.

Kelompok Kedua tentang Pelatihan teknis pengolahan dan pengawetan pakan bagi penyuluh/petugas dan Kelompok ketiga tentang,  pelatihan teknis budidaya sapi potong bagi penyuluh/petugas. Setelah peserta mendapatkan teori di kelas, lalu diarahkan ke lapangan untuk praktek didampingi tim Widyaiswara.

Kepala BBPP Kupang, Dr. Adang Warya, MM melalui Penanggung jawab kegiatan pelatihan dari BBPP Kupang, Ir. Nambut Maksimus yang juga Kabid Penyelenggaraan Pelatihan BBPP Kupang, menyampaikan hal ini kepada POSKUPANG.COM, Senin (28/1/2019).

Nambut menjelaskan, para peserta ini mengawali kegiatan secara umum dalam kelompok dasar menyangkut kebijakan pembangunan peternakan nasional dan pengembangan budaya kerja yang materinya disampaikan Kepala BBPP Kupang, Dr. Adang Warya, MM.

BBPP Kupang, Tuan Rumah  Kegiatan Pelatihan Penyuluh dari 8 Provinsi

Fokus materi dari pimpinan lebih kepada memdorong peserta untuk mencintai pekerjaan yang digeluti. Artinya, tiga fokus materi yang ada betul-betul diikuti secara baik dan mereka harus membawa hasil untuk daerah masing-masing.

Dijelaskannya, selesai materi kelompok dasar, para peserta akan dibagi dalam tiga kelas dengan tiga pokok materi pelatihan yang sudah disiapkan. Mereka akan mendapat materi di kelas kemudian langsung praktek.

"Bahan praktek sudah disiapkan tinggal peserta akan disebarkan ke lokasi. Mereka akan diberikan pelatihan sesuai materi pelatihan dari tiap kelompok ini. Kita ada lokasi untuk praktek lapangan," jelas Nambut.

Untuk diketahui, BBPP Kupang menjadi tuan rumah kegiatan pelatihan bagi penyuluh/petugas teknis peternakan dari 8 provinsi di Indonesia. Para peserta berasal dari rovinsi yakni, tuan rumah NTT, Bali, Sulawesi Selatan,

Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah. Mereka akan mengikuti kegiatan dari tanggal 28 Januari-3 Februari dengan tiga kegiatan utama,  

Pantauan POS KUPANG.COM di Aula BBPP Kupang, Senin (28/1/2019), kegiatan ini dibuka secara resmi Kepala BBPP Kupang, Dr. Adang Warya, MM dan dilanjutkan dengan materi perdana yang disampaikannya terkait motivasi budaya kerja.

Adang memberikan materi motivasi bagi peserta untuk mencintai pekerjaan yang dijalani saat ini. Dirinya mencontohkan soal pemain bola kaki nasional seperti Bambang Pamungkas maupun internasional seperti Ronaldo dimana keseriusan berlatih dan belajar membuat mereka menjadi pemain profesional dan dibayar mahal.

Untuk itu dirinya mengajak peserta untuk tidak henti-hentinya belajar dan mencari tambahan pengalaman pada banyak sumber untuk menambah pengetahuan. (*)

Penulis: Edy Hayong
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved