49 Calon Relawan di Lembata Gugur Saat Seleksi

Sebanyak 49 peserta gugur saat seleksi penerimaan Calon Relawan demokrasi yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum Daerah ( KPUD ) Kabupaten Lembata

49 Calon Relawan di Lembata Gugur Saat Seleksi
POS-KUPANG.COM/Frans Krowin
Komisioner KPU Lembata, Charles Primus Kia 

POS-KUPANG.COM | LEWOLEBA - Sebanyak 49 peserta gugur saat seleksi penerimaan Calon Relawan demokrasi yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum Daerah ( KPUD ) Kabupaten Lembata, pekan lalu. Dari 104 pelamar, yang dinyatakan lolos sebanyak 55 orang, sehingga sisanya (49 orang) gugur.

"Kami sudah melakukan seleksi penerimaan calon relawan demokrasi di Kabupaten Lembata. Awalnya yabg mendaftar aebanyak107 orang tapi yang ikut dalam proses seleksi 104 orang. Dari jumlah itu, 55 orang dinyatakan lulus. Sedangkan 49 peserta lainnya tidak lulus seleksi."

Hal tersebut disampaikan salah seorang Komisioner KPU Lembata, Charles Primus Kia, ketika ditemui POS-KUPANG.COM di ruang kerjanya, Senin (28/1/2019).

Tim Gabungan Operasi di Tempat Karaoke Citra dan Bole Kale Kota Kupang, Ini Hasilnya

Dikatakannya, seleksi relawan demokrasi itu telah dilaksanakan selama tiga hari, yaitu Senin - Rabu (21-24/1/2019). Prosesnya berjalan lancar hingga diperoleh jumlah relawan yang siap bekerja untuk melakukan sosialisi pemilu (pilpres dan pileg) yang akan berlangsung 17 April 2019 mendatang.

55 Relawan tersebut, lanjut dia, akan dibagi ke dalam 10 komunitas yang nantinya akan dijamah. 10 Komunitas tersebut, yaitu Kelompo Pemula, Pemuda Perempuan, Disabilitas, paguyuban, Kelompok yang Berkebutuhan Khusus (warga lapas) Kelompok Marjinal, Keluarga, WargaNet dan Kelompok Keagamaan.

Seksi Pewartaan Paroki Assumpta Undang Romo Sipri Paparkan Peran Lektor, Ini Harapan Herman Utang

Saat ini, katanya, para peserta sedang menunggu jadwal pengukuhan. Jika tak ada halangan, maka pengukuhan relawan demokrasi akan dilaksanakan pada akhir Januari ini. "Kalau tidak ada halangan maka pengukuhan relawan itu dilaksanakan pada akhir bulan ini atau awal Februari nanti," ujar Charles.

Pengukuhan itu, lanjut dia, akan dilakukan oleh komisioner yang baru KPUD Lembata. "Saat ini 10 calon komisioner KPUD Lembata sedang mengikuti fit and proper test di Kupang. Fit and proper test itu untuk mendapatkan 5 orang yang nantinya dilantik sebagai komisioner KPUD Lembata. Pelantikannya juga akan dilakukan dalam waktu dekat ini," ujarnya.

Dia mengatakan, dari 10 calon komisioner itu, dua diantaranya kini sedang menjabat sebagai komisioner KPUD Lembata. Dua komisioner tersebut, yakni Petrus Payong Pati (kini ketua) dan Barnabas ND Marak. Sedangkan yang lainnya, ada yang pernah berpengalaman sebagai panitia pemilihan kecamatan (PPK), tapi ada juga yang baru.

"Pelantikan relawan demokrasi dan pelantikan komisioner itu pasti akan dilakukan dalam waktu dekat ini, karena pemilihan umum akan segera berlangsung. Atau tersisa waktu dua bulan lagi akan tiba hari H pemilu. Agar semua kegiatan berlangsung sesuai agenda yang ditetapkan, maka pelantikan itu pasti segera dilaksanakan," ujarnya. (Laporan Reporter POS- KUPANG.COM, Frans Krowin)

Penulis: Frans Krowin
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved