Wakil Bupati Sumba Barat Daya Minta Para Rato Pertimbangkan Jadwal Pasola Lebih Awal

Wakil Bupati Sumba Barat Daya Minta Para Rato Pertimbangkan Jadwal Pasola Lebih Awal

Wakil Bupati Sumba Barat Daya Minta Para Rato Pertimbangkan Jadwal Pasola Lebih Awal
POS-KUPANG.COM/Petrus Piter
Wakil Bupati Sumba Barat Daya, Drs.Ndara Tanggu Kaha dan rombongan sedang mendengarkan penjelasan para rato tentang jadwal gelar pasola Kodi di Kampung Tosi di Desa Wura Homba, Kecamatan Kodi, SBD, Jumat (25/1/2019). 

POS-KUPANG.COM | TAMBOLAKA - Wakil Bupati Kabupaten Sumba Barat Daya, Drs. Ndara Tanggu Kaha meminta para rato (tua) Kodi, mempertimbangkan menentukan jadwal pelaksanaan pasola lebih awal sehingga memudahkan pemerintah memasukannya menjadi kalender pariwisata nasional.

Misalnya menentukan jadwal pasola tiga tahun ke depan. Apa yang disampaikan hanyalah sebuah usul demi mempermuda promosi wisata ditingkat nasional hingga manca negara.

Hal itu karena pada umumnya setiap wisatawan baik domestik maupun manca negara yang hendak berwisata ke Indoneisa dengan jadwal yang pasti.

Rumahnya Dibangun Satgas Pamtas Yonif Mekanis 741/GN, Begini Ungkapan Hati Antonius Lua

Dengan demikian, bila Pasola Kodi, SBD sudah memiliki jadwal pelaksanaan pasola yang pasti maka memudahkan pemerintah mempromosikannya dan tentu banyak dikunjungi wisatawan.

Gubernur Laiskodat Ajak Masyarakat Berdoa untuk Peningkatan Tipe Lanud El Tari Kupang

Ndara Tanggu Kaha menyampaikan usul tersebut dalam pertemuan bersama para rato di Kampung Tosi di Desa Wura Homba, Kecamatan Kodi, SBD, Jumat (25/1/2019). Menurutnya, apa yang disampaikan hanya sebuah usul atau saran saja dan sama sekali tidak bermaksud mengintervensi para rato menentukan waktu pelaksanaan pasola Kodi.

Baginya, soal penentuan waktu pasola tetap wewenang penuh para rato. Pemerintah hanya memfasilitasi saja agar pelaksanaan pasola berjalan aman dan lancar.

Terhadap hal itu, para rato mengatakan, akan mendiskusikan dahulu dengan semua rato Kodi. Tetapi pada prinsipnya, para rato berkeyakinan kuat pesta budaya adat pasola harus berjalan sesuai tradisi adat istiadat warisan leluhur. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Petrus Piter)

Penulis: Petrus Piter
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved