30 Januari 2019, Pasola di Kodi, Sumba Barat Daya

Tanggal 30 Januari 2019, akan dilaksanakan Pasola di Kodi, Kabupaten Sumba Barat Daya.

30 Januari 2019, Pasola di Kodi, Sumba Barat Daya
POS-KUPANG.COM/Petrus Piter
Wakil Bupati Sumba Barat Daya, Drs.Ndara Tanggu Kaha dan rombongan sedang mendengarkan penjelasan para rato tentang jadwal gelar pasola Kodi di Kampung Tosi di Desa Wura Homba, Kecamatan Kodi, SBD, Jumat (25/1/2019). 

POS-KUPANG.COM | TAMBOLAKA - Tanggal 30 Januari 2019, akan dilaksanakan Pasola di Kodi, Kabupaten Sumba Barat Daya.  Itu diputuskan Rato (tua adat) Kampung Tosi, Dinga Loghe dan Rato Kampung Bokubani, Rangga Mete di Desa Wura Homba, Kecamatan Kodi, Kabupaten Sumba Barat Daya bersama para rato kampung adat Kodi lainnya melalui gelar acara ritual adat, Jumat (25/1/2019) pagi.

Berikut jadwal pelaksanaan pasola Kodi adalah tanggal 30 Januari 2019 berlangsung pasola Homba Kalayo.

Selanjutnya, Pasola Bondo Kawango akan berlangsung tanggal 1 Pebruari 2019, pasola Rara Winyo berlangsung tanggal 2 Pebruari 2019, pasola Maliti Bondo Ate berlangsung tanggal 7 Maret 2019, pasola Waiha tanggal 8 Maret 2019 dan Pasola Wainyapu tanggal 9 Maret 2019.

Jadi Penerbang Pesawat Tempur T50, Gubernur Laiskodat Sebut TNI AU Keren

Demikian disampaikan Rato Dinga Loghe dan Rato Rangga Mete bersama semua tokoh adat kepada Wakil Bupati Kabupaten Sumba Barat Daya, Drs.Ndara Tanggu Kaha dan rombongan dalam pertemuan bersama di Kampung Tosi di Desa Wura Homba, Kecamatan Kodi, Jumat (25/1/2019).

Punggungnya Dielus-elus Seorang Ibu, Begini Reaksi Presiden Jokowi

Terhadap hal itu Wakil Bupati Kabupaten Sumba Barat Daya, Drs. Ndara Tanggu Kaha mengatakan, kehadiran pemerintah hanya berperan sebagai fasilitator agar gelar acara budaya pasola berjalan aman dan lancar sehingga memberi kepuasan tersendiri bagi wisatawan yang menyaksikannya.

Kehadiran pemerintah bertujuan agar pelaksanaan pesta budaya pasola, salah satu atraksi budaya tersohor dunia itu dan satu-satunya hanya ada di Pulau Sumba, NTT berjalan aman dan lancar. Dan di Pulau Sumba hanya berlangsung di Kodi, Kabupaten Sumba Barat Daya dan di Lamboya serta Wanokaka di Kabupaten Sumba Barat.

Sebagai pemilik budaya pasola Sumba harus berupaya sebaik mungkin memberikan kenyamanan bagi setiap wisatawan yang datang menyaksikannya. Pemerintah berkeinginan kuat agar gelar pesta budaya pasola berjalan lancar sebagaimana biasanya dan memberi rasa nyaman bagi setiap wisatawan yang menyaksikannya. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Petrus Piter)

Penulis: Petrus Piter
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved