Berita Kabupaten Sikka Terkini

Semua Rumah Tangga di Dobo Nuapuu Punya Jamban

Semua rumah tangga di Desa Dobo Nuapuu di Kecamatan Mego, Kabupaten Sikka, saat ini semuanya punya jamban.

Semua Rumah Tangga di Dobo Nuapuu Punya Jamban
POS-KUPANG.COM/FOTO FERY AVALES
Deklarasi STBM di Desa Dobo Nuapuu, Kecamatan Mego, Kabupaten Sikka, Pulau Flores, Propinsi NTT, Kamis (24/1/2019). 

Semua rumah tangga di Desa Dobo Nuapuu di Kecamatan Mego, Kabupaten Sikka, saat ini semuanya punya jamban.

POS-KUPANG.COM | MAUMERE - Satu lompatan perbaikan pola hidup bersih dan sehat dilaksanakan masyarakat Desa Dobo Nuapuu di Kecamatan Mego, Kabupaten Sikka, Pulau Flores, Provinsi NTT.

Hari Kamis (24/1/2019) dideklarasikan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). Deklarasi ini menandai seluruh rumah tangga di desa itu sudah memiliki jamban keluarga.

"Semua rumah tangga, 167 di desa ini sudah punya jamban. Sebagian jamban dibangun dengan swadaya masyarakat dan sebagian mendapat bantuan dana dari pemerintah desa," ujar Sekretaris Camat Mego, Fery Awales, kepada POS-KUPANG.COM, Kamis siang.

Kepala BPBD Sumba Barat Daya Imbau Warga Pesisir Pantai Waspada Terhadap Gempa Bumi

Deklarasi dilaksanakan di Aula Kantor Desa Dobo Nuapuu dilaksanakan bersama Camat Mego, Petrus Digabari Fernandez, S.H, Kepala Dinas Kesehatan Kab Sikka, dr. Maria Bernadina, MPH. dan Kepala Desa Dobo Nuapuu, Sergius Solo.

Bari Fernandez memberi pujian kepada warga desa telah sadar pentingnya hidup bersih dan sehat.

Semburan Lumpur Dingin di Semau Bisa Jadi Obyek Wisata Geologi

Maria Bernadina, menegaskan,salah satu penyebab orang sakit adalah perilaku. "Mulailah hidup bersih dan sehat. Yang kita wariskan adalah perilaku yang baik perilaku hidup bersih dan sehat. Kita harus menjunjung tinggi budaya hidup bersih dan sehat," ujar Maria Bernadina.

Diingatkanya, saat ini penyakit DBD sudah mulai banyak akan memuncak pada bulan Januari sampai Pebruari, sehingga warga masyarakat wajib menjaga lingkungan yang bersih.

"Lebih baik kita mencegah daripada mengobati," imbuh Maria Bernadina.

Hadir deklarasi ini, Danramil Paga, Babinkamtibmas Pospol Mego, Dewa Sudjana, Kepala Puskesmas Feondari, Kapus Lekebai, Kapus Paga, Para Kepala Desa dan Ketua BPD se-Kecamatan Mego, tokoh masyarakat, tokoh adat dan masyarakat Desa Dobo Nuapuu. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Egy Moa)

Penulis: Eugenius Moa
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved