Berita Kabupaten Kupang Terkini

Semburan Lumpur Dingin di Semau Bisa Jadi Obyek Wisata Geologi

Semburan lumpur dingin di Pulau Semau, Kabupaten Kupang bisa menjadi obyek wisata geologi.

Semburan Lumpur Dingin di Semau Bisa Jadi Obyek Wisata Geologi
POS-KUPANG.COM/Dokumentasi BPBD Kabupaten Kupang
Semburan lumpur dingin di Pulau Semau, Kabupaten Kupang 

Semburan lumpur dingin di Pulau Semau, Kabupaten Kupang bisa menjadi obyek wisata geologi.

POS-KUPANG.COM | OELAMASI - Wilayah Kecamatan Semau, Kabupaten Kupang, memiliki keunikan tersendiri yang merupakan pemberian alam.

Sejak dahulu kala, di wilayah ini tepatnya di kawasan Hansisi terdapat semburan lumpur dingin yang tidak membahayakan seperti halnya lumpur Lapindo.

Bahkan semburan lumpur alamiah ini pernah diteliti ahli Geologi asal Amerika bahwa semburan lumpur ini bisa jadi obyek wisata Geologi.

Fahri Hamzah Kunjungi Gubernur Viktor Laiskodat

Camat Semau, Joni Ukat, ketika dihubungi POS-KUPANG.COM, Rabu (24/1/2019) membenarkan perihal semburan lumpur tersebut.

Joni Ukat menjelaskan, semburan lumpur ini bukan baru terjadi saat ini tetapi sejak zaman nenek moyang orang Semau, semburan lumpur ini sudah ada.

Belum Sebulan, RSUD Kefamenanu Tangani 8 Kasus DBD

Namun semburannya tidak membahayakan karena rasanya dingin tidak seperti lumpur lapindo yang menutupi areal persawahan dan perumahan warga setempat.

Semburan lumpur di Semau ini justu merupakan berkat buat warga dimana dari penelitian ahli Geologi Amerika dikatakan bahwa Ph tanah tetap stabil. Kondisi ini justru sangat berguna bagi tanaman dengan aneka rasa dan tidak ada di tempat lain di dunia ini.

"Memang luapan lumpur ini berkat buat kami. Saya bilang ke ahli Geologi, tanaman mangga ataupun semangka yang kami tanam rasanya sangat beda dengan yang ada di daerah lain. Lalu ahli itu katakan bahwa semburan lumpur itu keluar selain belerang juga ada gas-gas lain yang membantu pertumbuhan tanaman," katanya.

Joni menambahkan, ahli asal Amerika ini berpesan bahwa kehadiran semburan lumpur ini akan dia sebarkan melalui media di Amerika agar mendorong para ahli Geologi untuk melakukan penelitian.

Selain itu dirinya menyampaikan bahwa semburan lumpur dingin Semau ini bisa dijadikan obyek wisata geologi. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Edi Hayong)

Penulis: Edy Hayong
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved