Berita Life Style

Ini Salah Satu Kunci Rahasia Sukses Kembangkan Minat Anak Anda. Yuk Kepoin!

Biasanya bakat yang dimiliki anak tak jauh dari yang dimiliki orangtua. Oleh karena itu, ayah dan ibu bisa sekaligus menjadi pelatih anak.

Ini Salah Satu Kunci Rahasia Sukses Kembangkan Minat Anak Anda. Yuk Kepoin!
thinkstockphotos
Ilustrasi 

POS-KUPANG.COM--Setiap orang memiliki bakat tersendiri di dalam dirinya. Untungnya, orangtua tidak perlu membayar tes mahal untuk mengetahui aktivitas apa saja yang dapat menarik perhatian si kecil. Anda hanya perlu mengamatinya.

Dengan mengetahui talenta anak, orangtua bisa turut serta mengembangkan bakat tersebut. Fred Edward Fiedler, seorang pakar psikologi dari University of Washington mengungkapkan, ketersediaan waktu orangtua menjadi salah satu kunci sukses mengembangkan minat anak.

Biasanya bakat yang dimiliki anak tak jauh dari yang dimiliki orangtua. Oleh karena itu, ayah dan ibu bisa sekaligus menjadi pelatih anak.

Yang perlu diingat, Anda tidak perlu membandingkan hobinya dengan anak lain karena hal ini dapat menurunkan rasa percaya diri si kecil.  Ibu juga tak perlu marah ketika anak merasa bosan atau malas mengasah bakatnya.

Guru Privat Diduga Cabuli 34 Muridnya, Direkam Lalu Ditonton Ramai-Ramai

17 Menu Ricebowl Kekinian yang Digemari Para Milenial

Sempat Menangis, Bryce Adam Pecahkan Rekor Voting Rising Star Indonesia RCTI

Cobalah untuk memberikan dukungan positif padanya karena bisa jadi ia memang hanya butuh dukungan.

Pada akhirnya, mengasah minat dan bakat anak tak hanya membuatnya belajar mengenali diri sendiri. Ia bahkan dengan mudah menerima ilmu baru di sekolah sehingga berpengaruh juga pada kemampuan akademiknya.

UAI
UAI (UAI)

Maka, tak heran jika anak-anak cerdas dan berprestasi menyukai apa yang ia kerjakan di sekolah.

Anak yang mengenal bakatnya juga memberi keuntungan lain saat memasuki kampus nanti. Pasalnya,  kini calon mahasiswa dapat dengan mudah lulus seleksi universitas tanpa perlu mengikuti berbagai tes, yaitu melalui jalur PMDK.

PMDK atau Penelusuran Minat dan Kemampuan merupakan jalur penerimaan mahasiswa bagi mereka yang memiliki bakat dan minat yang biasanya tertulis di rapor, sertifikat maupun piagam.

Tidak selalu mereka yang berprestasi di bidang akademis, jalur PMDK juga bisa diikuti oleh calon mahasiswa yang memiliki performa baik sebagai olahragawan atau atlet mulai dari tingkat daerah, provinsi, atau bahkan hingga nasional.  

Halaman
12
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved