Berita Kabupaten Sumba Barat

Gempa Guncang Sumba Barat, Kepala BPBD Sumbar Himbau Warga Tenang. Tim Turun Cek di Lapangan

getaran gempa terasa kecil sekali bahkan sebagian warga lainnya sama sekali tidak merasakan adanya gempa

Gempa Guncang Sumba Barat, Kepala BPBD Sumbar Himbau Warga Tenang. Tim Turun Cek di Lapangan
POS KUPANG/PETRUS PITER
Kepala BPBD Sumba Barat, Drs. Viktor Umbu Sulung sedang menerima telepon dari berbagai pihak yang menanyakan keadaan Sumba Barat paskah gempa di ruang kerjanya, Selasa (22/1/2019)

POS-KUPANG.COM|WAIKABUBAK--Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumba Barat, Drs.Viktor Umbu Sulung, mengatakan, getaran gempa bumi yang melanda Kabupaten Sumba Barat terasa kecil seperti di wilayah utara yakni di Kecamatan Tanah Righu.

Sedangkan dibagian tengah hingga wilayah selatan Sumba Barat, getaran gempa terasa kecil sekali bahkan sebagian warga lainnya sama sekali tidak merasakan adanya gempa.

Untuk itu, ia menghimbau seluruh masyarakat Sumba Barat tetap tenang, selalu waspada dan jangan mempercayai berita hoaks.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumba Barat, Drs.Viktor Umbu Sulung menyampaikan hal itu di ruang kerja nya, Selasa (21/1/2019).

Viktor Umbu Sulung menjelaskan, sesaat setelah kejadian gempa bumi dan menerima info gempa bumi dari BMKG Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, Selasa (22/1/2019) pagi dengan kekuatan 6,2 SR, dirinya langsung menghubungi Camat Tanah Righu, Camat Lamboya dan para kepala desa di daerah pesisir pantai menanyakan gempa berikut dampaknya.

Menurut camat Tanah Righu, demikian Kepala BPBD Sumba Barat, Viktor Umbu Sulung, mengaku merasakan getaran gempa itu tetapi getarannya kecil dan tidak menimbulkan korban baik ruma warga, korban jiwa dan lain-lain. Semenara camat Lamboya dan para kepala Desa pesisir pantai Lamboya mengaku tidak merasakan adanya getaran gempa bumi.

Ketua DPRD Sumba Timur Silahturahmi ke Pos Kupang dan Katakan Hal Ini

Pemerintah TTU Akan Mendata Ulang Tanah Milik Warga SP 1 dan SP 2

Wah! Member BTS Dari RM BTS Hingga Golden Maknae Jungkook BTS Ternyata Lahir Di 5 Kota Indah Ini

Gempa di Sumba Barat NTT, Sudah 12 Kali Gempa, Begini Kondisi Terkini Daerah dan Masyarakatnya

Ia menegaskan, masyarakat Sumba Barat merasakan getaran gempa bumi tetapi tidak berdampak terhadap aktivitas kehidupan masyarakat. Untuk sementara suasana Sumba Barat aman paskah terjadinya gempa itu.

Tim Pantau Dampak Gempa Ke Semua Kecamatan

Viktor Umbu Sulung,  telah menurunkan tim memantau dampak gempa bumi ke semua wilayah Kecamatan sesaat setelah kejadian gempa bumi, Selasa (22/1/2019) pagi.

Tim tersebut mengecek dampak gempa di lapangan sekaligus mendata bila ada warga menjadi korban gempa bumi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumba Barat, Drs.Viktor Umbu Sulung menyampaikan hal itu di ruang kerjanya, Selasa (22/1/2019). Menurutnya, getaran gempa bumi terasa kecil dan berlangsung cepat.

Meski telah berkomunikasi dengan para camat dan kepala desa di daerah yang memberikan informasi tidak adanya dampak gempa bumi, pihaknya tetap menurunkan tim ke lapangan untuk mengecek dan memastikan ada atau tidak ada dampak gemla bumi.

Bila ada korban gempa bumi maka tim harus mendata dan seterusnya melaporkan untuk segera diatasinya.

Ia juga mengaku, paskah kejadoan gempa bumi mendapat telepon dari berbagai pihak menanyakan kondisi Sumba Barat paskah terjadinya gempa bumi dengan kekuatan 6,2 skala richter.

Menurutnya, gempa bumi tersebut terasa tetapi tidak berdampak terhadap kehidupan masyarakat Sumba Barat. Hal itu terbukti aktivitas masyarakat berjalan normal, perkantoran dan sekolah berjalan seperti biasa. (Laporan Reporter Pos Kupang, Petrus Piter) 

Penulis: Petrus Piter
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved