Berita Sumba Barat Terkini

Begini Persiapan Pemkab Sumba Barat Menjelang Pesta Budaya Pasola Lamboya 2 November 2019

Begini Persiapan Pemkab Sumba Barat Menjelang Pesta Budaya Pasola Lamboya 2 November 2019

Begini Persiapan Pemkab Sumba Barat Menjelang Pesta Budaya Pasola Lamboya 2 November 2019
POS-KUPANG.COM/Petrus Piter
Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sumba Barat, Yohana Pandango, S.P 

Begini persiapan Pemkab Sumba Barat menjelang pesta budaya Pasola Lamboya 2 November 2019

POS-KUPANG.COM | WAIKABUBAK - Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sumba Barat, Yohana Pandango, S.P mengatakan, pelaksanaan pesta budaya Pasola Lamboya di Kecamatan Lamboya, Kabupaten Sumba Barat, akan berlangsung tanggal 2 Februari 2019.

Untuk menjaga keamanan dan ketertiban pelaksanaan atraksi budaya pasola Lamboya, Pemerintah Kabupaten Sumba Barat telah mengadakan rapat bersama kepolisian, TNI, tiga camat yakni camat Wanokaka, Lamboya dan Lamboya Barat, para kepala desa, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda dengan para rato (tua adat) pelaksana adat budaya pasola.

Dalam rapat tersebut bersepakat menjaga keamanan dan ketertiban agar pelaksanaan pasola berjalan aman dan lancar.

BREAKING NEWS: Gudang Milik Seminari St. Yohanes Berkhmans Mataloko Terbakar

Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sumba Barat, Yohana Pandango, S.P menyampaikan hal itu di ruang kerjanya, Selasa (22/1/2019).

Menurutnya, faktor keamanan menjadi kunci perhatian pemerintah demi menjaga pesta budaya pasola berjalan lancar hingga selesai. Dengan demikian, pengunjung merasa nyaman dan perlu kuatir lagi dengan soal keamanan.

Katanya NTT Miskin, Obor Mas Himpun Simpanan Rp 88,9 Miliar

Untuk mengantisipasi keamanan dan ketertiban pelaksanaan pesta pasola Lamboya, pihak kepolisian dan instansi terkait akan melakukan operasi penertiban minuman keras masuk ke Sumba Barat.

Operasi penertiban miras akan gencar dilakukan di seluruh wilayah Sumba Barat demi memastikan tidak adanya miras yang beredar di daerah ini.

Pengalaman selama ini, pesta pasola berakhir keributan karena para pelaku terpengaruh minuman keras. Mudah-mudahan ke depan tidak terjadi lagi.

Ia menambahkan, untuk pasola Wanokaka diperkirakan akan berlangsung akhir Pebruari 2019 dan Pasola Gaura di Kecamatan Lamboya Barat akan berlangsung awal Maret 2019. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Petrus Piter)

Penulis: Petrus Piter
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved