Berita Kabupaten Manggarai

Di Satar Mese-Manggarai Air Lancar ! Warga Desa Lungar Setahun Tanam Tiga Kali

“Kami sudah tanam padi setahun tiga kali. Apalagi saluran irigasi Wae Mantar 2 sudah diperbaikki. Kami hanya kesulitan kalau habis tanam selalu disera

Di Satar Mese-Manggarai  Air Lancar ! Warga Desa Lungar Setahun Tanam Tiga  Kali
POS-KUPANG.COM/ARIS NINU
WARGA-Warga Desa Lungar, Kecamatan Satar Mese sedang kerja bakti memperbaikki jalan Ruteng-Iteng, Senin (21/1/2019) pagi.   

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Aris Ninu

 

POS-KUPANG-COM-RUTENG-Arnoldus Yansen dan Baltasar Anor, warga Desa Lungar, Kecamatan Satar Mese, Kabupaten Manggarai mengaku kalau sekarang ini petani di saluran Irigasi Wae Mantar 2 sudah menanam padi setahun tiga kali.

 Dua warga Desa Lungar yang ditemui POS-KUPANG.COM di Golo Lusang, Desa Umung, Kecamatan Satar Mese saat ikut dalam kerja bakti perbaikkan jalan Ruteng-Iteng ini menuturkan, saluran air irigasi Wae Mantar 2 sudah diperbaikki dan kini sangat membantu petani.

 “Kami sudah tanam padi setahun tiga kali. Apalagi saluran irigasi Wae Mantar 2 sudah diperbaikki. Kami hanya kesulitan kalau habis tanam selalu diserang hama wereng. Sampai sekarang hama tersebut bisa diatasi. Tetapi yang kami rasakan sekarang bisa tanam padi tiga kali karena airnya lancar,” kata Arnoldus di Golo Lusang, Senin (21/1/2019) pagi.

Ia menuturkan, warga Desa Lungar yang sebagian besar petani sudah mulai merasakan manfaatkan saluran irigasi Wae Mantar 2.

“Kami berharap bantuan bagi kami petani akan terus diperhatikan pemerintah. Masalah hama masih buat petani pusing.Kalau pupuk tidak ada masalah karena Toko Selamat sebagai distributor pupuk ada siap gudang sehingga kami tidak kesulitan. Apalagi kami masuk kelompok tani sehingga pupuk tidak sulit lagi,” ujar Arnoldus.

 Ia mengatakan, saat ini warga Desa Lungar meminta pemerintah secepatnya memperbaikki jalan Ruteng-Iteng agar memperlancar pengangkutan hasil bumi dan barang ke kota dan pasar.

“Kami hari ini ikut kerja bakti karena jalan Ruteng-Iteng karena jalan ini selalu kami gunakan mau ke Ruteng dan bawa hasil bumi,” papar Arnoldus.(*)

Penulis: Aris Ninu
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved