Berita Kabupaten Kupang Terkini

Bawaslu Kupang Nilai Pemasangan APK Masih Serampangan

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kupang menilai pemasangan alat peraga kampanye (APK) oleh calon legislatif (caleg) di wilayah ini masih

Bawaslu Kupang Nilai Pemasangan APK Masih Serampangan
POS KUPANG/EDY HAYON
Ketua Bawaslu Kabupaten Kupang, Martony Reo 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Edi Hayong

POS KUPANG.COM I OELAMASI----Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kupang menilai pemasangan alat peraga kampanye (APK) oleh calon legislatif (caleg) di wilayah ini masih serampangan.

Terhadap kondisi ini, Bawaslu tengah berkoordinasi dengan KPU juga pimpinan partai politik (parpol) juga stakeholder lain untuk rapat bersama untuk pembersihan lanjutan selama sepekan kedepan.

Ketua Bawaslu Kabupaten Kupang, Martony Reo melalui Koordinator Divisi Hukum Data dan Informasi, Adam Horison Bao menyampaikan ini kepada POS KUPANG.COM, Minggu (20/1/2019).

Adam menjelaskan, penertiban terhadap APK memang sudah dijadwalkan akan dilaksanakan pekan ini, diawali dengan rapat bersama pihaknya dengan KPU Kabupaten Kupang juga pimpinan parpol agar penanganan tidak salah. Selain itu akan dilakukan rapat bersama dengan stakeholder lain dalam memperkuat pengawasan partisipatif.

Dirinya mengakui bahwa saat ini data soal pemasangan APK pihaknya masih meminta data dari kecamatan, namun dalam pengamatan sepintas, pemasangan APK dilakukan masih berdasarkan kemauan dari caleg tanpa menaati ketentuan yang berlaku.

Walikota Imbau Masyarakat Bersihkan Sarang Nyamuk

Kasus ASN di Dishub Kota Kupang ! Jefri Akan Mutasi Seluruh ASN di Dinas Perhubungan

"Kita berharap pemasangan APK itu berdasarkan pada PKPU dan tidak memasang sesuai keinginan pribadi. Selama ini yang kita lihat mereka pasang serampangan dan ini yang kita akan lakukan penertiban lagi," katanya.

Menurutnya, pola persuasif yang akan digunakan nanti kepada caleg bersangkutan karena bisa saja perintah pimpinan parpol agar APK dipasang pada titik yang ditentukan, namun kenyataan lapangan tidak seperti harapan.

Untuk itu, dengan rapat bersama diharapkan ada pemahaman yang sama agar pelaksanaan pemilu tahun 2019 berjalan aman dan lancar tanpa ada persoalan ikutannya. (*)

 
 

Penulis: Edy Hayong
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved