Berita Kabupaten Sumba Barat Daya

Di Sumba Barat Daya ! Aksi Pemboman Ikan Sangat Marak di Pantai Oro

Aparat kepolisian resort Sumba Barat diminta segera menindaktegas oknum pelaku pemboman ikan di perairan Oro di Desa Pogo Tena, Kecamatan Loura,

Di Sumba Barat Daya ! Aksi Pemboman Ikan Sangat Marak di Pantai Oro
POS KUPANG/PETRUS PITER
pengelolah wisata pantai Oro Beach, Fransiska Laly di pantai Oro, SBD, Rabu (16/1/2019)

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Petrus piter

POS-KUPANG.COM/TAMBOLAKA---Aparat kepolisian resort Sumba Barat diminta segera menindaktegas oknum pelaku pemboman ikan di perairan Oro di Desa Pogo Tena, Kecamatan Loura, Kabupaten Sumba Barat Daya.

Aktivitas pemboman ikan itu marak terjadi selama sebulan teeakhie ini tidak hanya mematikan ikan dan kehidupan biota laut lainnya tetapi juga menghancurkan terumbu karang di pantai Oro, SBD.

Pengelolah Oro Beach Fransiska Laly dan dua nelayan lokal yakni Yosie Kaka dan David Ama Dappa menyampaikan hal itu secara terpisah di Pantai Oro, SBD, Rabu (16/1/2019) pagi. Menurut Fransiska Laly, pemboman ikan itu biasanya berlangsung pada malam hari atau subuh oleh para nelayan yang menggunakan kapal besar.
Pihaknya tidak bisa berbuat apa-apa karena terjadi pada malam hari. Para nelayan lokal juga tidak bisa menegur karena takut kena bom pula. Akibat pemboman itu terumbu karang di perairan Oro SBD mengalami kerusakan parah.

Hal senada juga disampaikan kedua nelayan lainnya Yosie Kaka dan David. Keduanya menambahkan, kadangkalah pemboman ikan juga terjadi pada siang hari. Hal itu karena lokasi pantai sepih dan jauh dari permukimam warga. Pihaknya tidak bisa menegur karena takut terkena bom pula.

Meski demikian, berharap aparat kepolisian, pemerintahan desa dan kecamatan berkoordinasi dapat mencegah pemboman itu. Aparat kepolisian harus mencari dan menangkap para nelayan yang menggunakan bom saat menangkap ikan demi menjaga kelestarian perairan laut SBD. (*)

Penulis: Petrus Piter
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved