Berita NTT Terkini

Yohanes Lalang ! Petani Mandiri yang Kreatif

Berkat kerja keras selama ini maka tahun 2013 saya dipercayakan BBPP Kupang menjadi ketua P4S,

Yohanes Lalang ! Petani Mandiri yang Kreatif
Pos Kupang.com/Edy Hayong
¬†Yohanes Lalang ketika berada di lahan olahannya di Desa Mata Air, Rabu (16/1/2019) 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Edi Hayong

POS KUPANG.COM I NOELBAKI--Sosok Yohanes Lalang, pria asal Lembata ini bagi kebanyakan orang belum mengenalinya secara paripurna. Namun dilingkungan Balai Besar Penyuluh Peternakan (BBPP) Kupang, Politani Undana Kupang dan beberapa SMKN di NTT,

Yohanes merupakan sosok petani mandiri yang kreatif. Bermodalkan semangat pantang menyerah dan mau memajukan pertanian di daerah Kabupaten Kupang.

Dirinya bersama istri membuka lahan seluas 37 are mengembangkan usaha pertanian dengan menanam aneka jenis tanaman seperti mangga, jeruk nipis, jeruk purut, kendodong mini, kacang panjang, tomat,  lombok, pepaya, kelor dan tanaman untuk apotik hidup.

Yohanes Lalang yang ditemui POS KUPANG.COM di lahan olahannya di Desa Mata Air, Kecamatan Kupang Tengah, Rabu (16/1/2019) menceritrakan bagaimana obsesinya sejak permulaan berusaha di bidang pertanian tahun 2006 hingga diakui sebagai Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) dibawa dampingan BBPP Kupang.

Yohanes mengatakan kalau langkah yang dilakukannya ini memang tidak lazim buat kebanyakan orang.

Pasalnya, bergulat dengan tanah yang kotor dan harus membersihkan rumput ilalang tentu dibutuhkan kerja keras, penuh ketabahan dan kesabaran.

Berbekalkan pengalaman di kampung halamannya di Kedang yang sudah biasa berkebun, dirinya berani mengambil sikap menjadi petani kreatif.

Dirinya mengawali dengan membuat pembibitan mangga di rumahnya kemudian selangkah demi selangkah membuat pembibitan tanaman holtikultura lain seperti jeruk nipis, jeruk purut, kendondong mini, tomat, lombok, pepaya, sereh merah, bawang merah, melon dan beragam jenis tanaman apotik hidup.

"Saya sangat enjoy mengembangkan tanaman holtikultura secara mandiri. Kuncinya ada pada kemauan dan pantang menyerah. Berkat kerja keras selama ini maka tahun 2013 saya dipercayakan BBPP Kupang menjadi ketua P4S," ujar Yohanes yang pernah mengenyam pendidikan di Seminari Hokeng tahun 1981 ini.

Halaman
12
Penulis: Edy Hayong
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved