Berita Kabupaten Malaka Terkini

Bupati Malaka Perintahkan ASN Jadi Pelopor Kebersihan

Sejak tanggal 1 Januari 2019, Pemerintah Kabupaten Malaka berkomitmen untuk berperang melawan sampah. Yang menjadi pelopor adalah seluruh pimpinan

Bupati Malaka Perintahkan ASN Jadi Pelopor Kebersihan
POS KUPANG.COM/TENI JENAHAS
PUNGUT SAMPAH---Ajudan Bupati Malaka dan Kadis Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan memungut sampah di alun-alun Betun, Rabu (16/1/2019). 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM,Teni Jenahas

POS KUPANG.COM| BETUN---Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran sudah menginstruksikan kepada seluruh aparatur sipil negara (ASN) dan tenaga kontrak daerah (Teda) untuk menjadi pelopor dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Sejak tanggal 1 Januari 2019, Pemerintah Kabupaten Malaka berkomitmen untuk berperang melawan sampah. Yang menjadi pelopor adalah seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), ASN dan tenaga kontrak daerah.

Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran mengatakan hal itu kepada wartawan saat ditemui di Hotel Ramayana, Selasa (15/1/2019).

Mantan Kepala Dinas Kesehatan Propinsi NTT ini mengatakan, ia sudah menginstruksikan kepada para kepala dinas, ASN dan tenaga kontrak untuk berperang melawan sampah.

Ada tiga hal yang harus dilakukan, pertama, tidak boleh membuang sampah di sembarang tempat, kedua, tidak boleh membiarkan sampah di depan mata dan ketiga, tidak boleh memberikan kesempatan kepada orang lain untuk membuang sampah di sembarang tempat.

Pemerintah akan menyiapkan tempat sampah di tempat-tempat umum agar masyarakat tidak membuang sampah di sembarang tempat. Kota Betun sebagai ibukota Kabupaten Malaka harus bersih dan bebas dari sampah. Selain di kota, kebersihan lingkungan di wilayah kecamatan dan desa-desa, secara khusus di tempat-tempat harus dijaga.

Menjaga kebersihan harus mulai dari lingkungan kerja masing-masing seperti lingkungan perkantoran pemerintah dan swasata, tempat usaha, sekolah-sekolah, tempat ibadah, fasilitas pelayanan publik dan rumah-rumah penduduk.

Bupati Stef meminta seluruh masyarakat Malaka untuk sama-sama menjaga kebersihan lingkungan dan bebas dari sampah. Perang melawan sampah ini sejalan dengan program Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat dalam rangka mewujudkan NTT yang sehat dan bersih.

Pantuan Pos Kupang.Com, Rabu (16/1/2019) Bupati Malaka bersama pimpinan OPD mengecek pekerjaan lapangan Betun. Ketika Bupati melihat sampah, ia langsung memerintah ajudan dan kadis Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan untuk memungut sampah.

Bupati lakukan itu agar setiap orang memiliki kesadaran untuk menjaga kebersihan lingkungan. Dan ketika melihat orang membuang sampah di sembarang tempat harus dicegat.

"Hari ini saya suruh kamu pungut sampah supaya kamu juga punya ketegasan untuk menyuruh oramg tidak boleh buang sampah sembarangan," kata Bupati Stef. (*)

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved