Berita Kabupaten Kupang Terkini

Kades Oeteta ! Pengusaha Tidak Indahkan Kesepakatan

pengusaha tidak mengindahkan kesepakatan bersama antara warga Desa Oeteta dan Pariti bahwa selama persoalan tapal batas mengenai area galian C belum

Kades Oeteta ! Pengusaha Tidak Indahkan Kesepakatan
Pos kupang.com/Edy Hayong
Ket foto : Edi Hayong Dialog bersama camat Sulamu juga kepala desa Oeteta dengan warga beberapa waktu lalu 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Edi Hayong

POS KUPANG.COM I SULAMU--Kepala Desa (Kades) Oeteta, Kecamatan Sulamu, Kabupaten Kupang sayangkan sikap pengusaha bangunan.

Pasalnya, pengusaha tidak mengindahkan kesepakatan bersama antara warga Desa Oeteta dan Pariti bahwa selama persoalan tapal batas mengenai area galian C belum diselesaikan maka pengambilan galian dipending.

Namun faktanya, pengusaha memobilisasi kendaraan truk mengangkut galian C di Sungao Noelbiboko yang disengketakan.

Kepala Desa Oeteta, Yakob Tafae kepada POS KUPANG.COM, Senin (14/1/2019) menjelaskan, terkait masalah galian C yang dipermasalahkan antara warga Desa Oeteta dan Desa Pariti beberapa waktu lalu sempat terjadi ketegangan.

Aparat Satpol PP Kabupaten Kupang dan Camat Sulamu langsung turun tangan menenangkan warga. Saat itu disepakati bahwa selama masalah ini belum dituntaskan maka pengambilan galian C ditunda sementara waktu.

"Tapi tadi pengusaha turunkan kendaraan truk ambil galian C. Warga sempat marah tapi saya tahan. Saya minta supaya pengusaha jangan dulu ambil galian karena masalah ini sudah dilaporkan ke pak bupati," katanya.

Camat Sulamu, Adriel Abineno mengatakan, persoalan pengambilan galian C itu sudah disampaikan kepada pengusaha untuk tidak boleh diambil dulu. Pihaknya sudah menfasilitasi pertemuan terkait masalah ini dan telah menyampaikan ke bupati Kupang.

Petani Kupang Jangan Gelisah !  Stok Pupuk Aman

"Persoalannya Desa Pariti belum ada pejabat definitif. Sekarang masih pelaksana tugas yang kewenangan terbatas makanya belum bisa diselesaikan. Makanya saya sampaikan supaya masing-masing pihak tahan diri dulu," kata Adriel.

Diberitakan sebelumnya, sedikitnya ratusan warga Desa Oeteta, Kecamatan Sulamu, Kabupaten Kupang mendatangi Kantor Desa Oeteta, Rabu (21/11/2018).

Kehadiran warga mempersoalkan tapal batas desa antara desanya dengan Pariti. Tapal batas yang ada di Noelbiboko selama ini merupakan area galian C diakui warga Oeteta sebagai milik mereka namun dilain sisi warga Pariti juga mengklaim sebagai milik mereka.

Selama ini perusahaan yang mengambil material di kawasan ini retribusi diberikan ke Pariti sementara Oeteta tidak mendapatkan apa-apa.

Pantauan POS KUPANG.COM di Kantor Desa Oeteta, Rabu (21/11/2018), kehadiran warga sejak pagi hari menumpang truk. Warga tiba diterima Kepala Desa, Yakob Tafae juga pengurus BPD.

Hadir juga Kepala Bidang Penegakan Perda Satpol PP Kabupaten Kupang, Theresia Ili, S.SoS, MM, Kabid Trantib, Hendrikus Ola Kian, M.Si, juga anggota Polsek Sulamu. (*)

 

Penulis: Edy Hayong
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved