Berita Kabupaten TTS Terkini

Alasan Topografi dan Jaringan Bank BRI, Penyaluran BPNT Di TTS Belum Dilakukan

terhitung per 1 Januari 2019 penyaluran bantuan sosial beras sejahtera (Bansos Rastra) sudah dialihkan menjadi bantuan pangan non tunai BPNT

Alasan Topografi dan Jaringan Bank BRI, Penyaluran BPNT Di TTS Belum Dilakukan
Pos Kupang.com/Dion Kota
Kadis Sosial Kabupaten TTS, Nikson Nomleni ( Kanan) sedang menyerahkan Bansos Rastra secara simbolis kepada salah satu KPM

Laporan Reporter Pos-kupang.com, Dion Kota

POS KUPANG.COM, SOE – Seharusnya terhitung per 1 Januari 2019 penyaluran bantuan sosial beras sejahtera (Bansos Rastra) sudah dialihkan menjadi bantuan pangan non tunai (BPNT) secara nasional.

Namun khusus Kabupaten TTS, pengalihan tersebut belum dilakukan karena pertimbangan topografi wilayah dan jaringan Bank BRI yang belum mampu menjangkau seluruh wilayah di Kabupaten TTS. Oleh sebab itu, 58.960 keluarga penerima manfaat (KPM) Bansos Rastra tetap menerima dalam bentuk beras rastra.

Untuk persiapan penyaluran Bansos Rastra tahap I, saat ini Dinas Sosial telah menyiapkan surat penyaluran Bansos Rastra yang akan dikirim ke Kementerian Sosial guna mendapatkan rekomendasi untuk melakukan penyaluran Bansos Rastra triwulan pertama.

" Kita (Kabupaten TTS, red) belum melakukan pengalihan karena dua alasan itu. 58.896 KPM masih menerima dalam bentuk beras sejahtera. Kita targetkan paling lambat awal februari sudah kita lakukan penyaluran Bansos Rastra," ungkap Kepala Dinas Sosial Kabupaten TTS, Nikson Nomleni saat ditemui pos kupang, Jumat ( 11/2019) di ruang kerjanya.

Selama Interval 2018 ! Jumlah Kejadian Gempa Bumi Meningkat Dua Kali Lipat

Perselingkuhan Dosen dan Mahasiswi di Kupang, Ini 5 Faktor Psikologi Terjadinya Perselingkuhan

Untuk launching penyaluran Bansos Rastra mendatang lanjut Nikson, akan dilakukan oleh Bupati TTS definitif. Dirinya menargetkan, penyaluran Bansos Rastra akan rampung pada akhir Februari mendatang. Saat ini, pihak terus melakukan koordinasi dengan bulog terkait persiapan penyaluran Bansos Rastra.

" Kita targetkan launching akan dilakukan bupati TTS definitif di gudang bulog," sebutnya. Ketika ditanyakan terkait realisasi penyaluran Bansos Rastra tahun 2018, Nikson mengaku sudah tersalurkan 100%.

Selain Bansos Rastra, progress penyaluran bantuan PKH juga sudah mencapai 100 %. Selain itu, bantuan stimulan bahan bangunan untuk 50 KK miskin yang tersebar di 32 Kecamatan juga sudah 100%.

Pihaknya akan melakukan evaluasi terhadap para penerima bantuan sosial, baik Bansos Rastra maupun PKH. Sasaran yang dianggap tidak tepat lagi karena tidak memenuhi syarat akan diganti.

Dirinya mengaku, ada beberapa penerima Bansos Rastra yang sudah tidak tergolong miskin lagi dan akan digantikan dengan keluarga yang benar-benar membutuhkan. 

" Kita akan evaluasi KPM yang tidak layak lagi untuk digantikan. Kita menerima beberapa masukan dari masyarakat adanya KPM yang sudah tidak layak lagi karena sudah tidak tergolong keluarga miskin lagi. Kita akan lakukan koordinasi dengan pihak desa untuk mengusulkan nama penggantinya," tegasnya. (*)

Kadis Sosial Kabupaten TTS, Nikson Nomleni ( Kanan) sedang menyerahkan Bansos Rastra secara simbolis kepada salah satu KPM

Penulis: Dion Kota
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved