Berita Travel

TRIBUNWIKI: Wolobobo Tempat Terbaik Saksikan Matahari Terbit

Wolobobo di Kabupaten Ngada, NTT tempat wisata yang jadi merupakan tempat terbaik untuk menyaksikan matahari terbit.

Penulis: Hermina Pello | Editor: Hermina Pello
ISTIMEWA/DOK PRIBADI
Wolobobo 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Hermina Pello

POS-KUPANG.COM | BAJAWA-Jika anda berada di Kabupaten Ngada, Provinsi NTT maka jangan pernah lupa untuk pergi ke tempat yang bernama Wolobobo.

Wolobobo salah satu tempat wisata di Kabupaten Ngada yang akhir-akhir ini menjadi perhatian bagi wisatawan.

Letaknya diatas ketinggian yakni 1600 meter, dengan udara yang sangat sejuk membuat anda merasa nyaman.

Tempat wisata ini dikelola dinas Pariwisata Kabupaten Ngada.

Wolobobo
Wolobobo (ISTIMEWA/DOK PRIBADI)

Lokasinya sudah ditata dengan baik. Ada tempat parkir yang nyaman, dan jalan menuju ke lokasi juga sudah dipaving blok dari arah tempat parkir.

Hanya sekitar 300 meter, anda sudah bisa menyaksikan indahnya pemandangan di tempat yang disebut-sebut sebagai Swiss kedua.

Meskipun tidak terlalu luas tapi pemerintah sudah menatanya dengan baik. Ada beberapa lopo- lopo yang dilengkapi dengan tempat duduk, ada juga tempat duduk dari kayu serta tempat untuk foto dengan latar belakang gunung Inerie. Anda bisa memilih di tempat yang dibuat permanen ataupun foto di tempat yang terbuat dari kayu.

wolobobo
wolobobo (ISTIMEWA/DOK PRIBADI)

Ada beberapa latar belakang yang bisa diperoleh saat foto ria di tempat ini, latar belakang Gunung Inerie dimana anda akan kelihatan sangat dekat dengan Gunung Inerie, lalu pemandangan kota Bajawa, Jerebuu, Mataloko dan bukit-bukit kecil.

"Ini tempat yang indah untuk menyaksikan matahari terbit, bisa menyaksikan merahnya langit dan suasana alam yang tidak diperoleh di tempat lainnya," ujar petugas di tempat masuk, Senin (31/12/2018)

Wolobobo
Wolobobo (ISTIMEWA/DOK PRIBADI)

Tapi untuk menyaksikan pemandangan alam yang sangat indah ini, harus memilih waktu yang baik karena kabut sering menutupi tempat tersebut.

"Kalau mau menyaksikan pemandangan alam, ada baiknya datang sekitar jam 10 atau jam 11 pagi. Kalau sudah siang atau sore, seringkali kabut," pesan petugas tersebut.

Jika pada saat datang ada kabut, jangan menyesal karena foto dengan kabut pun tetap indah, karena merasa seperti negeri di atas awan.

Wolobobo
Wolobobo (ISTIMEWA/DOK PRIBADI)

Tapi kadang kala juga ada pengunjung yang tetap berada di lokasi tersebut bahkan hingga malam untuk merasakan lembutnya udara malam yang menyelimuti tubuh.

Untuk masuk ke lokasi, hanya orang dewasa saja yang dipungut biaya sedangkan anak-anak tidak ada biaya.

Wolobobo berada di Kampung Boua, Desa Ubedolumolo, Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada. Jaraknya dapat ditempuh hanya beberapa menit saja dari Kota Bajawa.

Dari arah jalan Trans Ende-Bajawa, jalan masuk ke dalam hanya sekitar 5,5 kilometer. Ruas jalan juga cukup baik untuk dilalui dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.

wolobobo
wolobobo (ISTIMEWA/DOK PRIBADI)

Jangan takut tersesat karena ada papan penunjuk arah.

Sepanjang perjalanan, disuguhi dengan pemandangan alam yang indah, pohon-pohon yang rindang dan tinggi dan ada juga kebun-kebun kopi. Jadi jangan lewatkan tempat ini untuk berfoto ria. (*)

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved