Berita Kabupaten Ende Terkini

Tunggakan BPJS Kesehatan Cabang Ende Mencapai Rp 7,1 Miliar, Ada Pada Pemegang Kartu Ini

Tunggakan BPJS Kesehatan Cabang Ende Mencapai Rp 7,1 Miliar, Ada Pada Pemegang Kartu Ini

Tunggakan BPJS Kesehatan Cabang Ende Mencapai Rp 7,1 Miliar, Ada Pada Pemegang Kartu Ini
POS-KUPANG.COM/ROMUALDUS PIUS
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ende, Indira Azis Rumalutur 

POS-KUPANG.COM | ENDE - Tunggakan BPJS Kesehatan di Cabang Ende yang meliputi 6 kabupaten terdiri dari Kabupaten Ende, Nagekeo, Ngada, Manggarai Timur dan Manggarai serta Manggarai Barat mencapai Rp 7,1 miliar. Tunggakan tersebut ada pada pemegang kartu BPJS Kesehatan Mandiri.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ende, Indira Azis Rumalutur mengatakan hal itu kepada POS-KUPANG.COM, Kamis (10/1/2019) di Ende ketika dikonfirmasi mengenai tunggakan BPJS Kesehatan pada masyarakat dalam wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Ende.

Indira mengatakan tunggakan yang ada pada umumnya oleh para pemegang kartu BPJS Kesehatan Mandiri yang mana bersangkutan secara mandiri membayar iuran tanpa melalui perusahaan atau lembaga yang bersangkutan bekerja.

Masneno Minta Tinggalkan Kerikil Kecil di Tahun 2018

Terhadap para pemegang kartu BPJS yang menunggak ujar Indira pihaknya memang telah melakukan penagihan baik lewat telepon juga SMS maupun agen-agen BPJS Kesehatan yang ada di masing-masing kabupaten.

Ditanya Soal Festival Toilet Bersih, Begini Jawaban Karo Umum Sekda NTT

Pihaknya berharap agar para pemegang kartu BPJS Kesehatan dapat membayar iuran setiap bulan sesuai dengan ketentuan yang berlaku karena hal itu semata-mata untuk kepentingan yang bersangkutan dalam pemberian pelayanan kesehatan.

Menurut Indira apabila seseorang menunggak pembayaran iuran BPJS Kesehatan maka hal itu tentu akan berpengaruh pada proses pelayanan kesehatan bagi yang bersangkutan maka dengan demikian agar pelayanan kesehatan dapat berjalan lancar maka yang bersangkutan diharapkan untuk membayar iuran secara teratur setiap bulan.

Indira juga menjelaskan bahwa saat ini peserta BPJS Kesehatan di Cabang Ende untuk 6 kabupaten mencapai 70,2 persen masing-masing Kabupaten Ende 68 persen dan Kabupaten Manggarai 81 persen serta Manggarai Barat 80 persen dan Nagekeo 62 dan Kabupaten Ngada 53 persen juga Manggarai Timur 74 persen.

Dikatakan dari persentasi yang ada terlihat belum semua warga di 6 kabupaten menjadi peserta BPJS maka dia berharap agar semua warga dapat menjadi peserta BPJS Kesehatan baik mandiri maupun yang ditanggung oleh perusahaan atau tempat kerja.

Indira mengatakan kepesertaan BPJS Kesehatan sesuai dengan UU No 40 tahun 2011 serta Perpes No 82 tahun 2018 maka dengan demikian diharapkan kepada semua warga negara bisa menjadi peserta BPJS Kesehatan.
Indira mengatakan bahwa dalam BPJS Kesehatan terjadi distribusi silang yang sehat membantu yang sakit juga gotong royong maka dengan demikian keberadaan iuran sangatlah penting agar BPJS Kesehatan dapat terus memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

"Jangan melihat bahwa saat ini kita sedang sehat maka bukan tidak mungkin suatu saat tanpa direncanakan tiba-tiba jatuh sakit serta membutuhkan biaya yang besar maka apabila menjadi peserta BPJS Kesehatan maka yang bersangkutan akan dibantu pembiayaan melalui BPJS Kesehatan," kata Indira. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Romualdus Pius)

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved