Berita Kabupaten Sumba Timur

WargaTaimanu Sumba Timur Khawatir Rumah Mereka Kembali Direndam Banjir

sehingga rumah mereka di kampung bagian atas jalan itu jika terjadi banjir bandang dipastikan kembali menerjang

WargaTaimanu Sumba Timur Khawatir Rumah Mereka Kembali Direndam Banjir
POS KUPANG/ROBERT ROPO
Kampung Taimanu Yang Sering direndam banjir. 

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU---Warga kampung Taimanu bagian atas jalan Waingapu-Hahar di Kelurahan Temu, Kecamatan Kanatang, Kabupaten Sumba Timur kuatir rumah mereka akan kembali diterjang banjir yang meluap dari sungai Taimanu.

Warga Kampung Taimanu Ngelu kepada POS-KUPANG. COM, Rabu (9/1/2018) mengatakan warga di kampung sebelah atas jalan dengan sekitar belasan rumah itu sangat kuatir Karena takut akan rumah mereka kembali direndam banjir yang meluap dari sungai Taimanu. Sebab rumah mereka juga merupakan langganan banjir pada setiap musim hujan jika terjadi banjir.

Kata dia, pada tahun 2018 lalu Pemerintah membangun beronjong penahan banjir di Sungai Taimanu, namun beronjong yang dibangun itu dibagian bawah jalan itu dan beronjong itu hanya untuk menahan banjir yang meluap ke rumah warga di sebelah bawa jalan Waingapu-Hahar di Kampung tersebut. Sedangkan pada sungai bagian atas belum dibangun.

Ngelu mengatakan, sehingga rumah mereka di kampung bagian atas jalan itu jika terjadi banjir bandang dipastikan kembali menerjang. Pada setiap tahun rumah mereka itu selalu diterjang banjir yang meluap dari Sungai Taimanu.

Nelayan Taimanu Andalkan Alat Tangkap Sederhana Untuk Melaut

12 Desa di Insana Barat Terisolir Akibat Jembatan di Desa Subun Tualele Putus Total

Yuk Kepoin! Kenali 10 Ciri yang Disebut Berkepribadian Baik

Bukan hanya rumah saja yang direndam jika terjadi banjir pada setiap tahun, tetapi juga ternak dan tanaman seperti jagung milik warga juga selalu dihanyutkan oleh banjir.

Ngelu juga sangat berharap kepada Pemda Sumba Timur untuk membangun beronjong penahan banjir di bagian atas sungai Taimanu agar banjir tidak lagi meluap dan merusak rumah, tanaman serta menghanyutkan ternak milik Warga lagi.

"Ya bangun ini tahun lah beronjong ini. Ini yang kita rinduhkan kita kuatir sekali hati kita tidak tenang pikir terus kalau ada hujan lebat takut banjir,"pungkas Ngelu. (Laporan Reporter POS-KUPANG. COM, Robert Ropo)

Penulis: Robert Ropo
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved