Berita Kabupaten Ngada Terkini

RSUD Bajawa Masih Tetap Layani Pasien BPJS

RSUD Bajawa masih bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) sehingga masih menerima pasien BPJS.

RSUD Bajawa Masih Tetap Layani Pasien BPJS
POS KUPANG/TENI JENAHAS
Dokter Maria Wea Betu 

POS-KUPANG.COM | BAJAWA - Direktur RSUD Bajawa, drg. Maria Wea Betu, mengatakan, sampai saat ini pihaknya masih bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) sehingga masih menerima pasien BPJS untuk dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Bajawa.

Ia mengakui bahwa RSUD Bajawa sudah akreditasi namun periode akreditasi itu sudah selesai sejak 14 Desember 2018.

Ia juga mengaku satu diantara syarat kerjasama dengan BPJS itu adalah RSUD harus terakreditasi. Saat ini pihaknya sedang mempersiapkan untuk akreditasi lagi pada tahun 2019. Karena periode akreditasi sebelumnya sudah selesai Desember 2018.

Tim Gabungan Temukan Pasangan Belum Menikah Sedang Asyik Berduaan di Indekos

"Kami memang sudah akreditasi dan kita sudah selasai masa akreditasinya sekitar tanggal 14 Desember 2018 kemarin. Saat ini memang, masa akreditasi itu satu periode 3 Tahun dan sudah berakhir. Saat ini sementara persiapan maju akreditasi pada tahun 2019. Memang harus semua rumah sakit itu terakreditasi dan kita akan akreditasi atau dinilai tahun 2019. Pasien BPJS sampai saat ini masih diterima meskipun masa akreditasi RSUD Bajawa berakhir. Dengan catatan kami, membuat komitmen bersama kepada pusat. Komitmen itu yang menyatakan rumah sakit yang ada bisa melayani pasien BPJS. Jadi, kita sudah buatkan itu.Tidak ada kendala," ujar dokter yang akrab disapa Mercy ini, ketika dihubungi POS- KUPANG.COM, Rabu (9/1/2019).

Wiranto Minta Polisi Segera Tangkap Pembuat Bom Molotov di Rumah Wakil Ketua KPK

Ia mengaku pihak sudah menyiapkan segala sesuatunya terkait akreditasi dan sudah menggelar simulasi untuk maju dinilai tim akreditasi.

"Kita sudah siap kemarin sudah simulasi dari tim akreditasi dan sudah siap untuk dinilai paling lama semester pertama kita siap untuk maju. Akreditasi sebenarnya tidak ada masalah yang berarti juga hanya kemarin memang namanya penyesuaian aturan-aturan yang baru kita harus menyesuaikan dan sekarang sementara pembenahan penyesuain itu," ujarnya.

Terima Pasien Rujukan

Mercy mengaku pihaknya masih menerima pasien dari Kabupaten Nagekeo dan Manggarai Timur. Baik itu pasien BPJS maupun pasien non BPJS.

Untuk Kabupaten Nagekeo ada kerjasama dengan Pemda Ngada terkait pasien yang menggunakan Jamkesda.

Sedangkan untuk Kabupaten Manggarai Timur, pihaknya berkomunikasi intens jika ada pasien BPJS sehingga Pemda Manggarai Timur bisa membayar.

Semuanya berjalan aman dan lancar tidak ada kendala dalam proses pelaksanaannya dilapangan.

"Kita menerima pasien rujukan dari kabupaten Manggarai Timur dan pasien dari Kabupaten Nagekeo dan selama ini untuk pasien dari Nagekeo ada kerja samanya dan kalau untuk Manggarai Timur kita ada komunikasi dengan Pemda Manggarai Timur dan selama ini kalau ada masyarakat Manggarai Timur yang tidak membayar kita komunikasikan sehingga mereka bayar. Itu juga pasien BPJS. Untuk Nagekeo khusus pasien Jamkesda, untuk pasien BPJS dari manapun kita tetap melayani sesuai dengan aturan-aturan yang ada, sesuai dengan aturan yang ada dari BPJS dan selama ini tidak ada kendala yang berarti," ujarnya. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gordi Donofan)

Penulis: Gordi Donofan
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved