Berita NTT Terkini

DPRD NTT Menolak Penghapusan Free Bagasi Lion AIr

Bagasi Berbayar Lion Air,untuk berat 5 kg biayanya Rp 155.000, bagasi 10 kg dengan biaya Rp 310.000,bagasi 15 kg biaya Rp 465.000, bagasi 20 kg

DPRD NTT Menolak  Penghapusan Free Bagasi Lion AIr
POS-KUPANG.COM/TOMMY MBENU NULANGI
Para penumpang sedang berdiskusi dengan pihak maskapai Lion Air di Customer Service, Bandara El Tari Kupang, Sabtu (22/12/2018) malam. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru

POS-KUPANG.COM/KUPANG - DPRD NTT menolak keras penghapusan free bagasi yang diterapkan oleh manajemen Lion Air . Pemberlakuan biaya bagasi dinilai bisa menghambat pertumbuhan ekonomi NTT.

Hal ini disampaikan Anggota DPRD NTT , Laurensius Tari Wungo, S.Kom, Selasa (8/1/2019).

Menurut Laurensius, kebijakan Lion Air itu seharusnya dikaji terlebih dahulu sebelum diterapkan. "Kami minta kebijakan ini ditinjau lagi walaupun sudah diterapkan hari ini. Bagi kami ini memberatkan dan menghambat ekonomi NTT," kata Laurensius.

Sekretaris Fraksi Hanura DPRD NTT ini menjelaskanpenghapusan free bagasi itu,maka masyarakat NTT akan sulit memanfaatkan jasa Lion Air. Padahal, maskapai ini melayani hampir semua wilayah NTT.

Januarius  Takut Diamuk  Keluarga Korban Tertimbun  Longsor   

Usai Sertijab di Denpasar! Danrem 161 Wirasakti Bersama Kasdam Diponegoro Tiba di Kupang

"Bayangkan keluarga saya dari Sumba mau ke Kupang dengan Lion Air biasanya membawa hasil tenun ikat Sumba ke Kupang dalam jumlah banyak, maka dengan kebijakan ini maka mereka harus mengeluarkan dana yang minimal setara dengan satu tiket," katanya.

Anggota DPRD NTT lainnya, Yohanes Rumat ,S.E mengatakan, perlakuan ini dinilai sebagai diskriminasi karena hampir semua penerbangan komersial memberikan garansi 10 kg, tetapi Lion Air memberlakukan, maka pasti ada apa-apa.

"Atau menurut penilaian perusahaan ada indikasi rugi sehingga mengambil kebijakan dengan memberlakukan biaya bagasi.

Atau ada tanda-tanda perusahaan ini mau bangkrut," kata Yohanes.

Dia mengatakan, jangan sampai ada asuransi tinggi sehingga manajemen memberlakukan biaya bagasi.

"Ini memang cukup terganggu bagi masyarakat, karena pemberlakuan biaya bagasi. Kenapa,setiap warga yang melakukan penerbangan pasti membawa barang," katanya.

‎Untuk diketahui Bagasi Berbayar Lion Air,untuk berat 5 kg biayanya Rp 155.000, bagasi 10 kg dengan biaya Rp 310.000,bagasi 15 kg biaya Rp 465.000, bagasi 20 kg dengan biaya Rp 620.000, bagasi 25 kg dengan biayaRp 755.000 dan berat bagasi 30 kg harus membayar Rp 930.000. (*)

Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Ferry Ndoen
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved