Berita Kabupaten Sumba Barat

Di Sumba Barat Desa Tebara Targetkan PAD Rp 1 Miliar ! Ini Penjelasan

Dengan jumlah kunjungan wisatawan sebanyak itu maka pendapatan yang diperoleh hingga 31 Desember 2018 sebanyak Rp 170 juta.

Di Sumba Barat  Desa Tebara  Targetkan PAD Rp 1 Miliar ! Ini Penjelasan
Pos Kupang.Com/Petrus Piter
Kades Tebara Marthen Bira 

Laporan reporter POS-KUPANG.COM, petrus piter

POS-KUPANG.COM/WAIKABUBAK---Kepala Desa Tebara, Kecamatan Kota Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat, menargetkan pemasukan pendapatan asli desa (PAD) pada tahun 2019 sebesar Rp 1 miliar.

Sumber pendapatan terbesar berasal dari pengelolaan sektor pariwisata kampung praijing.

Kepala Desa Tebara, Kecamatan Kota Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat, Marthen R.Bira, S.S menyampaikan hal itu di kantor Desa Tebara, Sumba Barat, Selasa (8/1/2019).

Menurutnya, berbagai upaya penataan kampung adat Praijing terus dilakukan demi menarik minat wisatawan sebanyak mungkin mengunjungi kampung adat Praijing.

Misalnya sedang merancang persiapan pagelaran atraksi budaya berupa pasola, pajura dan tarian-tarian pada setiap akhir pekan, pembangunan wahana bermain anak-anak, pembangunan loket masuk kampung praijing, pembangunan lopo, gazebo (tempat duduk), mempersiapkan guide lokal, sovenir berupa baju kaos dan topi khas kampung Praijing, penyewaan pakaian adat untuk berpose dan lain-lain.

Semua itu dilakukan demi memanjakan wisatawan saat mengunjungi kampung praijing. Setiap wisatawan akan merasakan hal berbeda berada di kampung praijing.

Ia menjelaskan, pada tahun 2018 silam, jumlah wisatawan yang mengunjungi kampung adat Praijing baik lokal, domestik hingga manca negara sekitar 8.000 orang terdiri wisatwan lokal 2000 orang, domestik 3500 orang dan wisataaan asing sekitar 2500 orang. Jumlah kunjungan wisatawan tahun ini cukup tinggi dibanding tahun sebelumnya.

Dengan jumlah kunjungan wisatawan sebanyak itu maka pendapatan yang diperoleh hingga 31 Desember 2018 sebanyak Rp 170 juta.

Perayaan Natal Bersama! Andre Koreh Sebut Natal Bukan Tontonan Tapi Pinta Tuntunan Tuhan

Desa Tebara, Sumbar Kembangkan Komoditi Unggulan Vanili, Ketela Ungu Dan Kelor

Dari jumlah tersebut untuk PAD Desa Tebara sebanyak 52 juta, selebihnya untuk penataan pengelolaan kampung praijing, operasional Bumdes, penyertaan modal Bumdes dan dana sosial.

Ia menambahkan, untuk berkunjung ke Kampung Praijing, wisatawan cukup membayar karcis berkunjung Rp 10.000/orang bagi wisatawan lokal, domestik Rp 20.000 dan manca negara Rp 50.000/orang dan tersedia pula penyewaan pakaian adat khas Praijjng untuk berfoto Rp 10.000 dan menyiapkan pula kuda bagi wisatawan yang ingin menunggang kuda Rp 10.000.(*)

Penulis: Petrus Piter
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved