Berita Kabupaten Sumba Barat

Desa Tebara, Sumbar Kembangkan Komoditi Unggulan Vanili, Ketela Ungu Dan Kelor

Hal itu karena lahan milik masyarakat masih sangat luas dan memiliki iklim yang cocok mengembangkan tanaman tersebut.

Desa Tebara, Sumbar Kembangkan Komoditi Unggulan Vanili, Ketela Ungu Dan Kelor
POS KUPANG/PETRUS PITER
Kades Tebara, Kec.Kota Waikabubak, Sumba Barat, Marthen R.Bira

Laporan reporter POS-KUPANG.COM, petrus piter

POS-KUPANG.COM/WAIKABUBAK---Kepala Desa Tebara, Kecamatan Loli, Kabupaten Sumba Barat, Marthen R.Bira S.S, mengatakan, mulai tahun 2019 ini, gencar mensosialisasikan kepada seluruh warganya untuk mengembangkan tanaman komoditi unggulan Vanili, ketela ungu dan pohon kelor.

Hal itu karena lahan milik masyarakat masih sangat luas dan memiliki iklim yang cocok mengembangkan tanaman tersebut.

Secara ekonomis, harga tiga komoditi tersebut sangat menjanjikan. Apalagi daun kelor memiliki nilai gisi tinggi bagi manusia.

Kepala Desa Tebara, Kecamatan Kota Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat, Marthen R.Bira, S.S menyampaikan hal itu di kantor Desa Tebara, Selasa (8/1/2019).

Menurutnya, berdasarkan hasil pengamatan lapangan menemukan banyak lahan kosong milik warga yang dibiarkan telantar begitu saja. Padahal kalau saja dimanfaatkan dengan menanam berbagai anakan komoditi datang akan memberikan nilai ekonomis tinggi bagi warganya.

Karena itu, selaku kepala desa, ia mulai mengembanngkan anakan vanili, ketela ungu dan kelor selain benih mudah dapat juga mudah menanamnya. Semua anakan itu telah dibagikan secara gratis kepada warga. Harapan warga sungguh-sungguh menanam dan kelal akan memetik hasilnya.

BREAKING NEWS: Biaya Tes Kesehatan Jasmani CPNS Capai Rp 495 Ribu Per Orang

Baginya, warga desa Tebara adalah orang-orang rajin yang hanya membutuhkan sentuhan pengetahuan dan dengan sendirinya mengembangkan tanaman tersebut.

Ia optimis 3-5 tahun ke depan, warga Desa Tebara dapat berkembang lebih maju karena pertumbuhan ekonominya lebih maju. (*)

Penulis: Petrus Piter
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved