Berita Kabupaten Manggarai Timur

Pengguna Jalan Cemas dan Takut, Jalan Simpang Tangkul-Benteng Jawa Belum Ditangani

banyak bukit serta di kelilingi bukit membuat infstruktur jalan gampang longsor dan membuat pengguna jalan cemas dan ketakutan.

Pengguna Jalan Cemas dan Takut, Jalan Simpang Tangkul-Benteng Jawa Belum Ditangani
POS-KUPANG.COM/ARIS NINU
Camat Lamba Leda, Aleksius Rahman

POS-KUPANG-COM|BORONG--Memasukki musim penghujan hampir semua titik jalan di Kabupaten Manggarai Timur (Matim) rawan longsor dan putus.

Kondisi tanah yang labil lalu banyak bukit serta di kelilingi bukit membuat infstruktur jalan gampang longsor dan membuat pengguna jalan cemas dan ketakutan.

Lihat saja sampai ruas jalan Simpang Tangkul-Benteng Jawa di Rejo, Kecamatan Poco Ranaka.

Di ruas jalan yang menghubungi Poco Ranaka-Lamba Leda ada ancaman longsor sepanjang 500 meter lebih yang belum ditangani.

Di titik ini pada musim hujan air terus mengikis badan jalan sehingga tanah runtuh.

Reruntuhan tanah membuat jurang sedalam 1.000 meter.

Artis Vanessa Angel Bebas, Polisi Sita Celana Dalam Ungu pada Kasus Prostitusi Online

Pengguna jalan yang melintas pun harus waspada. Kendaraan roda empat dan enam yang melintas harus antri.

Pasalnya, jalannya sudah sempit dan licin.

Camat Lamba Leda, Aleksius Rahman mengaku kalau ruas jalan Simpang Tangkul-Benteng Jawa adalah jalur menuju ke Kecamatan Lamba Leda dari jalur tengah.

"Jalur ini memang ada longsor di Rejo, Kecamatan Poco Ranaka sampai sekarang mengkuatirkan kami yang mau ke Lamba Leda," ujar Camat Rahman ketika melaporkan kondisi bencana di Lamba Leda kepada POS-KUPANG.COM, Minggu (6/1/2019) sore.

Ia menjelaskan, kondisi jalan menuju ke Lamba Leda sampai saat ini masih dilintas kendaraan tapi hanya ada satu jalur yang rawan putus yakni Simpang Tangkul-Benteng Jawa di Rejo.

"Jalannya di wilayah Kecamatan Poco Ranaka tapi warga saya kalau mau ke Ruteng dan Borong pasti melalui jalur tersebut. Saya kuatir kalau hujan terus bisa putus," kata Camat Rahman.

Ia mengungkapkan, ada jalur lain ke Lamba Leda yang masih aman yakni dari Kecamatan Cibal, Manggarai dan jalur utara melalui Reo-Benteng Jawa.

"Kalau dua jalur ini aman tapi satu jalur di Rejo, Poco Ranaka memang rawan putus," tutur Camt Rahman.(Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Aris Ninu)

Penulis: Aris Ninu
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved