Berita Manggarai Terkini

Wae Pesi Mulai Meluap, Kepala BPBD Manggarai Minta Warga Waspada

Kali Wae Pesi mulai meluap, Kepala pelaksana (Kalak) BPBD Manggarai minta warga yang tinggal di bantara kali itu waspada.

Wae Pesi Mulai Meluap, Kepala BPBD Manggarai Minta Warga Waspada
ISTIMEWA
Kalak BPBD Manggarai, Libert Habut 

POS-KUPANG.COM | RUTENG - Kali Wae Pesi di Kecamatan Reok, Kabupaten Manggarai, mulai meluap karena hujan terus mengguyur Manggarai secara menyeluruh.

Dengan intensitas hujan yang meningkat, Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Manggarai, Libert Habut mengeluarkan imbauan kepada warga di bantaran Kali Wae Pesi agar waspada.

Pasalnya, luapan air di Kali Wae Pesi terus mengikis dan mengancam pemukiman warga di bantaran kali tersebut.

Sumur Bor Berdekatan Bisa Sebabkan Longsor

"Intensitas hujan mulai meningkat dan hujan merata di Manggarai. Kami sudah keluarkan imbauan kepada warga di bantaran Kali Wae Pesi agar waspada. Apalagi hujan akan terus meningkat dan luapan kali pasti akan mengikis bantaran kali. Di bantaran kali tersebut ada banyak pemukiman dan kebun warga. Kami sudah minta warga waspada. Jika ada bencana tolong lapor ke desa dan kecamatan. BPBD Manggarai akan siap memberikan bantuan dan penanganan," kata Libert yang dihubungi POS-KUPANG.COM di Ruteng, Kamis (3/1/2019) siang.

Akibat Main Petasan, Mata Kanan Lelaki di Maumere Ini Terbakar

Ia menjelaskan, Posko Penanggulangan Bencana sudah dibuka di Kantor BPBD Manggarai guna memantau bencana alam di Manggarai.

"Kami pun sudah mengeluarkan surat sejak November 2018 agar semua elemen baik di Kabupaten, kecamatan, desa dan kelurahan agar mengantisipasi bencana. Kalau ada bencana tolong laporkan kepada kami. Tadi pagi Bupati Manggarai sudah melakukan pengecekan kesiapan kami mengantisipasi bencana. Posko sudah buka," ujar Libert.

Libert mengatakan, sejauh ini hasil pantauan BPBD Manggarai belum ada laporan bencana alam seperti tanah longsor dan banjir serta jalan putus.

Namun, pihaknya terus memantau agar ada penanganan cepat kalau ada laporan dari warga.

"Sampai sekarang belum ada laporan tapi kami akan terus pantau. Apalagi hujan masih terus mengguyur Kabupaten Manggarai," papar Libert. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Aris Ninu)

Penulis: Aris Ninu
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved