Berita Sumba Barat Terkini

Kades Wanokasa Ini Bertekad Sukseskan Tanaman Gaharu

Kepala Desa (Kades) Wanokasa, Kecamatan Tanah Righu, Kabupaten Sumba Barat, Eduardus Dama Bulu, bertekad mensukseskan tanaman gaharu

Kades Wanokasa Ini Bertekad Sukseskan Tanaman Gaharu
POS-KUPANG.COM/Petrus Piter
Kepala Desa Wanokasa, Kecamatan Tanah Righu, Sumba Barat, Eduardus Dama Bulu 

POS-KUPANG.COM | WAIKABUBAK - Kepala Desa (Kades) Wanokasa, Kecamatan Tanah Righu, Kabupaten Sumba Barat, Eduardus Dama Bulu, bertekad mensukseskan tanaman gaharu di desanya.

Hal itu karena tanaman gaharu bernilai ekonomis tinggi dengan usia produksi lebih cepat ketimbang tanaman komoditi dagang lainnya. Apalagi harga jualnya menembus Rp 60 juta/kg (kelas super).

Karena itu, ia bersama masyarakat desa bersepakat mengalokasikan anggaran pengadaan anakan gaharu dari dana desa tahun anggaran 2018 sebesar Rp 70 juta lebih. Harapannya kelak Desa Wanokasa sebagai pusat produksi gaharu.

Bank NTT Serahkan Bantuan Logistik bagi Korban Tanah Longsor di Desa Ile Boli

Kepala Desa Wanokasa, Kecamatan Tanah Righu, Kabupaten Sumba Barat, Eduardus Dama Bulu menyampaikan hal itu di Kantor Desa Wanokasa, Sumba Barat, Sabtu (29/12/2018).

Menurutnya, dengan anggaran dana desa yang besar itu maka harus dibarengi dengan kerja keras rakyat dan pengawasan ketat aparatur desa termasuk dirinya agar tanaman gaharu sukses.

Mohammad Ansor dan RD Dion Manikin Didaulat Menjadi Warga IKB Onekore Kupang

Ia tidak ingin menghabiskan dana dana desa cukup besar itu lalu tidak membawa manfaat bagi rakyat di desanya.

Karena itu, ia berjanji akan turun langsung ke lapangan memeriksa tanaman gaharu setiap warga guna memastikan sudah menanam atau belum.

Pengawasan tidak hanya sampai disitu tetapi terus berlanjut pada masa pemeliharaan atau perawatan hingga benar-benar memastikan tumbuh hingga produksi nanti.

Dengan demikian, rakyat jangan main-main dengan tanaman gaharu, terima anakan dan tanam, rawat dan pastikan hidup tumbuh subur hingga produksi nanti.

Hal itu karena tanaman tersebut memiliki nilai ekonomis tinggi dan semuanya untuk rakyat bukan untuk aparatur pemerintahan desa. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Petrus Piter)

Penulis: Petrus Piter
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved