Berita Kabupaten TTS Terkini

Dinilai Belum Membutuhkan, BPBD Kabupaten TTS Batal Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir

BPBD TTS batal menyalurkan bantuan bagi sekitar 300 KK yang menjadi korban banjir di Desa Toeneke dan Kiufatu Kecamatan Kualin.

Dinilai Belum Membutuhkan, BPBD Kabupaten TTS Batal Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir
POS-KUPANG.COM/Dion Kota
Kepala BPBD Kabupaten TTS, Ady Tallo 

POS-KUPANG.COM | SOE - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten TTS, Ady Tallo mengatakan, pihaknya batal menyalurkan bantuan bagi sekitar 300 kepala keluarga (KK) yang menjadi korban banjir di Desa Toeneke dan Kiufatu Kecamatan Kualin.

Pembatalan dilakukan karena BPBD menilai masyarakat korban banjir belum membutuhkan bantuan.

"Kita tidak jadi salurkan bantuan karena kita lihat masyarakat masih memiliki sumber daya yang mencukupi. Jika memang nantinya masyarakat benar-benar membutuhkan bantuan kita siap droping bantuan," ungkap Ady saat ditemui POS-KUPANG.COM, Sabtu (29/12/2018) di ruang kerjanya.

FKAUB di TTS Ikut Lakukan Pengawasan Pemilu 2019

Ketika disinggung terkait dampak hujan deras yang turun dalam sepakan terakhir, Ady mengaku sampai saat ini belum menimbulkan bencana.

Di beberapa titik di bagian selatan Kabupaten TTS, seperti kecamatan Kualin dan Kuanfatu hujan deras mengakibatkan terjadinya pengikisan tanah disejumlah titik tetapi tidak berdampak bencana.

Waspadai Potensi Gelombang Tinggi di Laut Sawu dan Perairan NTT Bagian Selatan Hingga Barat

Namun, dia mengimbau kepada masyarakat untuk terus waspada terhadap hujan deras yang masih akan turus hingga akhir Februari 2019 mendatang.

"Sejauh ini masih aman. Hujan deras yang turun sepekan terakhir tidak sampai menimbulkan bencana. Kita sudah mengeluarkan himbauan melalui Radio Pemerintah Daerah ( RPD) Kabupaten TTS agar masyarakat tetap waspada karena saat ini intensitas hujan memang cukup tinggi. Keadaan ini akan terus berlanjut hingga akhir Februari mendatang," katanya.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Badan Penanggulan Bencana Daerah ( BPBD) Kabupaten TTS, Adi Tallo mengatakan, banjir yang melanda Desa Toineke dan Kiufatu, Kecamatan Kualin pada Sabtu dan Minggu (24 dan 25 November) lalu menyebabkan 300 rumah warga terendam air.

Setelah merampungkan pendataan, BPBD akan mendroping bantuan berupa makan instan, tikar dan tarpal untuk para korban banjir. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Dion Kota)

Penulis: Dion Kota
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved