Berita NTT Terkini

Ini Saran Dubes Seychelles untuk Pemprov NTT Agar Bangun Destinasi Pariwisata Khusus

Kita bangun ekonomi pariwisata dan harus dinikmati juga oleh masyarakat. Kita harus dorong pembangunan pariwisata di NTT dengan fokus pada destinasi

Ini Saran Dubes Seychelles untuk Pemprov NTT Agar Bangun Destinasi Pariwisata Khusus
POS KUPANG.COM/Oby Lewanmeru
Wagub NTT, Josef Nae Soi (tengah) didampingi Dubes Seychelles, Niko Barito dan Sekda NTT, Ben Polo Maing saat bertatap muka dengan pimpinan perangkat daerah Lingkup Pemprov NTT di ruang rapat Gubernur NTT, Senin (24/12/2018). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru

POS-KUPANG.COM/KUPANG - Duta Besar Seychelles, Niko Barito menyarankan Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT agar membangun desatinasi pariwisata khusus dan fokus. Upaya ini dilakukan, jika Pemprov NTT menempatkan pariwisata sebagai program unggulan.

Niko menyampaikan hal ini saat berkunjung ke NTT dan melakukan tatap muka dengan Pemprov NTT di ruang rapat Gubernur NTT, Senin (24/12/2018).
Menurut Niko, visi dan misi ‎dari Gubernur dan Wagub NTT sangat baik,karena fokus pada pariwisata.

‎Alasannya,pariwisata sangat berkaitan dengan jasa.
"Karena, pariwisata sebagai penggerak, maka perlu fokus dan jangan bicara destinasi yang muluk-muluk. ‎ Fokus dan bangun destinasi khusus walaupun mahal,"kata Niko.
Dia menjelaskan,membangun ekonomi pariwisata berkaitan erat dengan semua sektor, seperti perikanan, pertanian dan infrastruktur juga bersinggungan dengan pariwisata.

"Kita bangun ekonomi pariwisata dan harus dinikmati juga oleh masyarakat. Kita harus dorong pembangunan pariwisata di NTT dengan fokus pada destinasi khusus," katanya.

Dikatakan, di NTT banyak potensi pariwisata dan ada budaya-budaya lokal yang bisa menjadi ikon menarik dalam pariwisata.

‎"‎Tahun 2010 saya ke NTT dan ke Ende dengan jalan darat menuju Ruteng sampai Labuan Bajo. Saya lihat ada semangat bangun hotel .

Tapi di Labuan Bajo saya sempat dapati ada kapal yang kamarnya tidak ada jendela. Nah,bagaimana wisatawan betah di kapal seperti itu," tanyanya.

‎Dia mengatakan, jika mau membangun pariwisata NTT, maka harus fokus pada destinasi khusus‎,walaupun mahal harganya.

‎"Harus berani, lakukan terobosan. Saya contohkan di Seychelles
ada pulau, yang tidak ada listrik, tidak ada wifi dan ke pulau itu hanya bisa pakai pesawat kecil. Untuk menginap di pulau ini satu malam 3.000 Euro. Jadi kita kalau buat destinasi khusus walaupun mahal tapi pasti bisa memberi dampak ekonomi,"ujarnya.

Halaman
12
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved