Berita Kota Kupang

Pembukaan Pendaftaran Aparat Desa Serentak Diperpanjang

Kekhawatiran sejumlah kelompok jika persyarat dan tahapan seleksi akan membuat peminat pelamar seleksi

Pembukaan Pendaftaran Aparat Desa Serentak Diperpanjang
POS KUPANG/DION KOTA
Kepala BPMD Kabupaten TTS, George Mella 

POS-KUPANG.COM| SOE – Pembukaan penerimaan seleksi aparatur desa secara serentak se Kabupaten TTS diperpanjang hingga 7 Januari mendatang. Sebelumnya, penerimaan berkas pelamar aparatur desa di buka dari tanggal 19 hingga 21 Desember, namun karena pertimbangan masih banyaknya pelamar yang masih mengurus berkas kelengkapan, baik di polisian, Dinas Kependudukan dan rumah sakit, Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa ( BPMD) Kabupaten TTS memperpanjang waktu penerimaan berkas pelamar hingga Januari mendatang.

Hal ini diungkapkan Kepala BPMD Kabupaten TTS, George Mella saat ditemui pos kupang, Sabtu ( 22/12/2018) di seputaran Kota Soe. Mella mengatakan, animo para pelamar untuk menjadi aparatur desa cukup tinggi.

Ia mengaku, hingga saat ini masih ada pelamar yang masih mengurus berkas kelengkapannya, baik SKCK, e-KTP maupun surat keterangan sehat. Oleh sebab itu, BPMD membuat kebijakan untuk memperpanjang waktu pendaftaran seleksi aparatur desa serentak.

" Kita senang karena ternyata animo masyarakat sangat tinggi untuk menjadi aparatur desa. Kekhawatiran sejumlah kelompok jika persyarat dan tahapan seleksi akan membuat peminat pelamar seleksi aparatur desa berkurang tidak terjadi. Oleh sebab itu, kita perpanjang pembukaan pendaftarannya hingga 7 Januari mendatang," ungkap Mella.

Bank NTT Bantah Bobol Uang Nasabah di Kantor Kas Oeba. Kristofel Adoe: Itu Persoalan Hutang Piutang

Yayasan SSP Siap Jadi Mitra Dalam Penyusunan RPJMD Kabupaten TTS Periode 2019-2024

Sambut Natal, Telkomsel Berbagi Bersama 5.000 Anak Yatim dan Kaum Dhuafa di 4 Kota

Ketika ditanyakan jadwal pelaksanaan seleksi lanjutan Mella menjelaskan, usai menerima berkas pelamar, panitia seleksi aparatur desa akan langsung melakukan seleksi kelengkapan berkas administrasi pelamar. Bagi pelamar yang dinyatakan lulus, akan mengikuti seleksi wawancara pada 8 Januari mendatang. Tahap

selanjutnya, peserta yang lulus seleksi wawancara akan mengikuti seleksi tertulis pada 11 Januari mendatang.

Pada tahap akhir seleksi, para peserta akan mengikuti seleksi keterampilan mengoperasikan komputer.

Sementara pelantikan aparatur desa yang dinyatakan lulus sendiri akan dilakukan pada akhir Februari 2019.

" Kita rencananya proses pelantikan aparatur desa akan dilakukan secara serentak oleh Bupati TTS. Target kita akhir bulan Februari atau paling lambat awal Maret sudah dilakukan pelantikan aparatur desa se Kabupaten TTS, " jelasnya.

Kepala Desa Oebo, Kecamatan Kuanfatu, Halena Loban mengaku, animo pelamar untuk mengisi tujuh formasi aparatur desa Oebo cukup tinggi. Terhitung tanggal 21 Desember kemarin, jumlah peserta yang sudah memasukan berkas lamaran mencapai 18 pelamar.

Angka ini akan terus bertambah menyusul diperpanjangnya waktu pendaftaran aparatur desa. Dirinya mengatakan, setuju dengan diberlakukanya seleksi serentak aparatur desa.

Pasalnya dengan kriteria dan tahap seleksi yang ada, dirinya optimis bisa memperoleh aparatur desa yang berkompeten.

" Saya senang kalau seleksi pakai aturan begini. Kalau kita pakai perasaan nanti yang ada kita rekrut aparatur desa tidak sesuai kemampuan tetapi karena kasihan dan balas jasa. Kalau seleksi seperti saat ini saya optimis bisa meningkatkan kualitas aparatur desa, " ujarnya. (Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Dion Kota)

Penulis: Dion Kota
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved