Berita Kota Kupang

Tinggi, Tingkat Permintaan Kantong Darah di Kota Kupang

Untuk memenuhi kebutuhan darah ini maka minimal persediaan di PMI NTT sekitar 200 kantong darah/har

Tinggi, Tingkat Permintaan Kantong Darah di Kota Kupang
POS KUPANG/EDY HAYONG
Kegiatan donor darah oleh K2S Kota Kupang. 

POS- KUPANG.COM I KUPANG--Permintaan untuk mendapatkan kantong darah untuk pasien di Kota Kupang cukup tinggi terutama dua rumah sakit yakni RSU Prof. Dr. WZ Johanes Kupang dan RS Siloam Kupang.

Pasalnya, per hari dari kedua rumah sakit ini membutuhkan darah sekitar 40- 50 kantong. Untuk memenuhi kebutuhan darah ini maka  minimal persediaan di PMI NTT sekitar 200 kantong darah/hari sehingga tidak sulit melayani jika ada permintaan.

Kepala UTD PMI NTT, Dr. Samson Ehe Teron menyampaikan hal ini kepada wartawan, Kamis (20/12/2018).
Samson menjelaskan, pihaknya berterima kasih kepada masyarakat yang secara kelompok maupun pribadi yang secara sukarela mendonorkan darahnya. Sesuai standar di PMI persediaan darah biasanya untuk kebutuhan empat hari kedepan sehingga pihaknya berusaha agar di bank darah tidak boleh kosong.

Satker Jalan Nasional Lapor Bupati Matim. Ini Laporannya !

Saat Home Service Labkes NTT Beri Layanan Kesehatan Bagi Warga Kota

Para Kades di Mabar Harus Kerja Sama Dengan Pendamping Desa

Taman Air Panas Oka Jadi Favorit Wisatawan Domestik di Larantuka

Anwar Pua Geno Titip Beberapa PR Buat Mendagri, Tjahjo Kumolo

Pengalaman selama ini, kata Samson, tingkat permintaan kantong darah paling banyak dari dua rumah sakit di Kupang yakni RSU Prof. Dr. WZ Johanes Kupang dan RS Siloam Kupang. Pasalnya, per hari dari kedua rumah sakit ini membutuhkan darah sekitar 40- 50 kantong.

"Karena permintaan tinggi maka di kulkas penyimpanan kantong darah sekitar 200 kantong. Jadi ketika dokter minta kita ada persediaan. Makanya kita berterima kasih kepada warga yang dengan sukarela mendonorkan darahnya untuk membantu sesama kita yang membutuhkan," kata Samson.

Dirinya mengapresiasi terhadap kemauan baik dari Kontak Kerukunan Sosial Keluarga Jawa (K2S) di Kota Kupang dalam rangka mendukung HUT NTT ke 60 tanggal 20 Desember dan Hari Ibu tanggal 22 Desember, melaksanakan kegiatan donor darah. Diharapkan kedepan pihak lainpun bisa melakukan kegiatan seperti ini.

Untuk diketahui, K2S Kota Kupang melaksanakan donor darah dan mendapat 100 kantong darah untuk disumbangkan ke PMI NTT.

Wakil Ketua Bidang Peranan Perempuan (Bapper) K2S Kota Kupang, Isroatin Ulva Muyasaroh, menyampaikan hal ini di sela-sela kegiatan donor darah di Kantor UTD PMI NTT, Kamis (20/12/2018).

Isroatin menjelaskan, kegiatan donor darah ini merupakan program dari Bidang Peranan Perempuan K2S. Bertepatan dengan momen HUT NTT dan Hari Ibu tahun 2018 ini, pihaknya berinisiatif untuk melaksanakan bakti sosial dengan mengajak anggota K2S untuk sukarela mendonor darahnya.(Laporan Reporter POS KUPANG/Edy Hayon)


Penulis: Edy Hayong
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved