Berita Kota Kupang

Saat Home Service Labkes NTT Beri Layanan Kesehatan Bagi Warga Kota

Labkes memberikan pelayanan Home Service di tiga berbeda, di SD Naikoten dan Perumahan Nasional (Perumnas)

Saat Home Service Labkes NTT Beri Layanan Kesehatan Bagi Warga Kota
POS KUPANG/LAUS MARKUS GOTI
Robert dan istrinya saat diperiksa oleh petugas dari Labkes NTT, di Kediamannya, Kelurahan Sikumana, Kupang, Kamis (20/12/2018).po 

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Salah satu inovasi pelayanan Laboratorium Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur ialah layanan Home Service. Inovasi pelayanan ini mendapat apresiasi dari warga Kota Kupang.

"Ini inovasi yang luar biasa dari Labkes NTT. Kami masyarakat, tidak buang biaya dan tenaga, kami kontak pakai WA atau telepon petugas datang," ungkap Robert Rero, warga kelurahan Sikumana, kepada POS-KUPANG.COM, Kamis, (20/12/2018) di kediamannya, usai dirinya diperiksa oleh petugas dari Labkes NTT.

Robert dan istrinya pada kesempatan itu mendapat pemeriksaan glukosa dalam darah. Selain, warga dipermudah mendapatkan pelayanan kesehatan, kata Robert, mereka para pelayan kesehatan juga bisa bergaul akrab dengan warga, mengenal seperti apa suasana dan kondisi di masyarakat.

Selain melakukan pemeriksaan para petugas, yang dipimpin langsung oleh kepada Labkes NTT, Agustinus Sally, berdiskusi dengan Robert terkait inovasi Home Service tersebut.

Agus menjelaskan, mindset berpikir pelayan harus diubah. "Sebelum-sebelumnya, petugas hanya menunggu masyarakat datang ke Labkes untuk periksa kesehatan. Sekarang, tidak. Masyarakat harus dipermudah mendapatkan pelayanan kesehatan," tegas Agus.

Pada hari yang sama, Labkes memberikan pelayanan Home Service di tiga berbeda, di SD Naikoten dan Perumahan Nasional (Perumnas). Beberapa warga mengaku sangat merasa terbantu dengan layanan Home Service tersebut.

Kepada POS KUPANG.COM, Agus layanan home service ini dibuka saat jam keja labkes yaitu dari hari Senin sampai Jumat mulai pukul 6.30 hingga pukul 16.00 Wita.

Uang Nasabah Senilai Rp 1,930 M Raib di Kantor Kas Bank NTT Oeba

Disupervisi KPK, Manggarai Raih Peringat Kedua Setelah Belu

Abdur dan Vivi Pandu Konser Slank di Kupang

Viktor Laiskodat : Anak Muda Harus Kurangi Jam Waktu tidur, Baca Dua Jam dan Tidur Lima Jam Sehari

Slank Kembali Resmikan 8 Slank Fans Club di NTT

Layanan yang bisa didapatkan masyarakat atau pengguna home service adalah tidak perlu capek datang ke Labkes tetapi petugas labkeslah yang akan mengunjungi rumah, tempat kerja atau komunitas sesuai permintaan. Petugas akan melakukan.pemeriksaan dan hasilnya pun akan langsung diantar pada pengguna.

Beberapa pelayanan di Labkes NTT, kata Agus, antara lain, 1. Pemeriksaan fungsi lemak, fungsi hati, fungsi ginjal, metabolisme, jantung, darah, urin, elektrolit darah dan papsmear.

Pemeriksaan fungsi lemak meliputi kolesterol, trigliserida, HDL dan LDL. Pemeriksaan fungsi ginjal meliputi ureum, creatinin dan asam urat.

Pemeriksaan fungsi hati meliputi bilirubin total dan bilirubin direct, SGOT, SGPT, Alkali, Phostase, Gamma GT, Albumin dan Total Protein.

Fungsi metabolisme meliputi pemeriksaan gula darah sesaat dan gula darah puasa. Pemeriksaan hematologi meliputi darah lengkap, urine lengkap dan kehamilan.

2. Pemeriksaan mikrobiologi, serologi, imunologi, parasitologi,
Pemeriksaan serologi meliputi pemeriksaan Hepatitis dan HIV- AIDS

3. Pemeriksaan Kimia Lingkungan yang terdiri dari pemeriksaan kualitas air minum, air baku, lingkungan, air limbah, pemeriksaan pencemaran pestisida, logam berat, makanan dan minuman olahan, pemeriksaan bakteri, parasit malaria, TBC, filariasis, cacing dan kusta.

4. Selain pelayanan pemeriksaan kesehatan, Labkes NTT juga memberikan layanan rujukan penelitian bagi para mahasiswa-mahasiswi maupun instansi yang ingin melakukan penelitian di bidang kesehatan, pusat pelatihan dan magang bagi tenaga kerja di laboratorium kesehatan.(Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Laus Markus Goti)

Penulis: Laus Markus Goti
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved