Berita Nasional

Empat Tahun Kementerian PUPR Rampungkan 616 Km Tol Trans Jawa

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dalam empat tahun (2015-2018) telah menyelesaikan 616 Km dari 1.150 Km Jalan Tol Trans Jawa yang

Empat Tahun Kementerian PUPR Rampungkan 616 Km Tol Trans Jawa
Kemenko PMK
Tujuh ruas tol teranyar diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah pada Kamis (20/12/2018). 

POS KUPANG.COM - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dalam empat tahun (2015-2018) telah menyelesaikan 616 Km dari 1.150 Km Jalan Tol Trans Jawa yang menghubungkan Merak - Banyuwangi.

Kini dari Merak hingga Grati, Pasuruan sepanjang 933 Km sudah tersambung, sementara Pasuruan-Banyuwangi sepanjang 217 Km ditargetkan beroperasi pada tahun 2021.

Progres tersebut melengkapi ruas-ruas jalan tol Trans Jawa yang telah beroperasi pada masa sebelumnya, yakni pada kurun 1978 hingga 2004 sepanjang 242 Km serta pada kurun 2005 hingga 2014 sepanjang 75 Km.

Tujuh ruas tol teranyar diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah pada Kamis (20/12/2018).

Peresmian dilakukan di dua tempat yakni empat ruas tol yang berada di Jatim dilakukan di Simpang Susun (SS) Bandar, di KM 671 Jalan Tol Jombang-Mojokerto dan tiga ruas tol di Jawa Tengah dilakukan di Jembatan Kali Kuto, yang menjadi ikon ruas Tol Batang-Semarang.

"Dengan diresmikannya jalan tol di Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah tersebut, maka jalan tol dari Jakarta hingga Surabaya sudah tersambung," kata Presiden Jokowi usai meresmikan 4 ruas tol di Jawa Timur yang berlangsung di SS Bandar.

Usai peresmian, Presiden Jokowi dan rombongan menuju lokasi peresmian kedua di Jembatan Kali Kuto melewati Tol Trans Jawa menggunakan bus.

Turut mendampingi Presiden Jokowi yakni Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Rini M. Soemarno, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Inerie FC Juarai Piala Gubernur Futsal ! Raup Bonus Rp 30 Juta

Ini Prestasi Spektakuler Atlet PPLP NTT 2018! Raih 18 Medali Emas, 7 Perak 10 Medali Perunggu

Presiden Jokowi berharap dengan selesai dan tersambungnya jalan tol dari Jakarta - Grati akan lebih memudahkan masyarakat untuk memiliki alternatif jalur transportasi darat yang lebih cepat dan lebih murah, disamping jalan nasional antar provinsi yang sudah ada.

Kehadiran jalan tol segera diintegrasikan dengan kawasan industri, kawasan ekonomi khusus (KEK), maupun kawasan-kawasan wisata yang ada di sisi jalan tol. (*)

Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved