Berita Kota Kupang

BRI Cabang Kupang MasukI Era Digital Banking

BRI sampai saat ini belum menerapkan Fintech. Fintech sudah ditangani anak perusahaan BRI

BRI Cabang Kupang MasukI Era Digital Banking
POS-KUPANG.COM/HERMINA PELLO
Kepala BRI Cabang Kupang, Patar Pandapotan 

POS-KUPANG.COM, KUPANG—Bank Rakyat Indonesia Cabang Kupang mulai masuki Era Digital Banking sejak Mei 2018.   Era itu ditandai dengan hadirnya aplikasi BRIspot yakni layanan transaksi perbankan online  termasuk kredit online.

Kepala Cabang BRI Kupang, Pata Pandapotan yang ditemui di ruang kerjanya, Selasa (18/12/2018), mengatakan, dengan BRISpot, seluruh data nasabah  yang difoto langsung terhubung dengan kantor pusat.  Meski mengaku sudah menerapkan kredit online, namun Patar menjelaskan BRISpot berbeda dengan Fintech atau kredit online yang saat ini sedang menjamur.

Patar mengungkapkan, meskipun sebagian besar  proses kredit melalui online namun penandatanganan akad  kredit tetap dilakukan di Kantor BRI. “BRI sampai saat ini belum menerapkan Fintech.  Fintech sudah ditangani anak perusahaan BRI,” demikian Patar.

Meski perkembangan Fintech cukup cepat, ternyata Patar tidak kuatir.  Fintech, menurutnya, memiliki resiko tinggi. “Kalau debitur kabur, bagaimana?’ tanya Patar. Lagi pula, katanya, perusahaan fintech yang ada saat ini hanya mampu bermain di kredit skala kecil.

Menurut Patar, hanya perusahaan dengan modal kuat yang akan bertahan di fintech. “ Nilai kreditnya kecil. Paling tinggi Rp 20 juta. Tidak berani ambil resiko untuk kredit dengan nilai nominal besar.  Kalau yang besar tetap kembali ke bank,” Patar Optimis.

Intip! Marion Jola dan 5 seleb Indonesia yang Stunning Pakai Lipstik Cokelat.Cantiknya Menggoda

Nyatanya, saat ini kredit BRI Kupang terus bertumbuh. Patar mengungkapkan, dari target kredit sebesar Rp 2  Triliun, saat ini telah tercapai  Rp 1,95 triliun dengan segmen terbesar adalah kredit mikro  dengan penyerapan Rp 500 miliar sampai Rp 600 miliar, diikuti Rp 300 miliar, consumer pinjaman pegawai Rp 200 miliar, konsmer pinjaman KPR/  kendaraan bermotor Rp 100 miliar. “Kita memang agak hati-hati dalam memberikan pinjaman,” kata Patar.

Sementara dana pihak ketiga, lanjut Patar suda melampaui target. BRI Cabang Kupang, katanya diberi target dana pihak ketiga senilai Rp 1,83 triliun. “Saat ini  dana pihak ketiga yang dihimpun BRI Cabang kupang telah melampaui target itu,” ujar Patar  enggan merinci angka pasti dana pihak ketiga yang dicapai bank itu tahun ini. (Laporan Reporter Pos Kupang.Com, Adiana Ahmad)

 


Penulis: Adiana Ahmad
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved