Berita Manggarai Barat Terkini

Pegiat Usaha di Labuan Bajo Dilatih Menggunakan Aplikasi Digital untuk Pasarkan Produk

Para pegiat usaha di Labuan Bajo, dilatih untuk menggunakan aplikasi digital dalam memasarkan berbagai produk termasuk jasa.

Pegiat Usaha di Labuan Bajo Dilatih Menggunakan Aplikasi Digital untuk Pasarkan Produk
POS-KUPANG.COM/Servatinus Mammilianus
Lokasi usaha kuliner di Kampung Ujung Labuan Bajo. 

POS-KUPANG.COM | LABUAN BAJO - Para pegiat usaha di Labuan Bajo, dilatih untuk menggunakan aplikasi digital dalam memasarkan berbagai produk termasuk jasa.

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, menyelenggarakan pelatihan itu di Hotel Laprima Labuan Bajo selama dua hari, yaitu Senin (17/12/2018) dan Selasa (18/12/2018).

Kementerian tersebut menggandeng Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) dalam pelatihan itu.

Penyidik Polres Sikka Kurang Alat Bukti Ciduk Bandar Judi KP

Sejumlah pegiat usaha wisata menjadi peserta dalam pelatihan digital tersebut. "Pelatihan digital ini untuk menjual berbagai produk lewat aplikasi sistem online yang bernama Lbajo. Aplikasi Lbajo ini di antaranya menjual paket wisata dan semua produk kepariwisataan. Termasuk juga kopi," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Mabar, Theresia Primadona Asmon, saat ditemui di Hotel Laprima Labuan Bajo, Selasa (18/12/2018) siang.

Jelang Natal 2018, Pelni Tambah Tiga Armada Kapal

Disampaikannya, ada dua orang pelatih dalam kegiatan pelatihan tersebut, yakni dari tim pesonakopi.com, yaitu Yunata Octaviano dan dari Dirjen PDT Direktorat Pengembangan Ekonomi Lokal, Irwansyah.

"Ini tindak lanjut MOU pada akhir Oktober 2018 lalu, antara Dirjen PDT dengan Pemkab Manggarai Barat dan tim IPAYMU Bali. Rencananya mau launching aplikasi Lbajo.com. Kegiatan pelatihan ini merupakan proses persiapannya," kata Irwansyah.

Sistem aplikasi itu kata dia disiapkan oleh kementerian, khusus untuk bisnis pariwisata dengan pola pemasaran berbasis online.
Antara lain untuk kafe, restautant, souvenir, tiket masuk obyek wisata dan usaha wisata lainnya.

Pada hari pertama pelatihan tersebut, pesertanya adalah para pengusaha kopi dari Manggarai Timur, Manggarai dan Manggarai Barat.
Sedangkan pada hari kedua pesertanya dari asosiasi tour and travel, home stay dan kuliner. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Servatinus Mammilianus)

Penulis: Servan Mammilianus
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved