Berita NTT Terkini

Di Kabupaten Sumba Timur ! Mondu Miliki Potensi Besar

Daerah Mondu, di wilayah Kecamatan Kanatang, Kabupaten Sumba Timur memiliki potensi yang luar biasa untuk pengembangan daerah irigasi.

Pos kupang.com/Ferry Ndoen
PPK Irigasi III Wilayah Sumba, Bonefasius Jas, SST 

Laporan Wartawan Pos Kupang.com, Ferry Ndoen

POS KUPANG.COM - Daerah Mondu, di wilayah Kecamatan Kanatang, Kabupaten Sumba Timur memiliki potensi yang luar biasa untuk pengembangan daerah irigasi.

Kepala SNVT PJPA Nusa Tenggara (NT) II Provinsi NTT, Ir. Yayat Sumaryat, MT melalui PPK Irigasi III PJPA NT II, Bonefasius Jas, SST menjelaskan saat ditemui Pos Kupang.Com, di kantornya, Selsa (18/12/2018).

"Wilayah DI Mondu, di Kecamatan Sumba Timur memiliki potensi areal pertanian yang luar biasa. Namun untuk pengambangan tentu membutuhkan aspek penelitian serta perencanaan dari PPK terkait. Namuns ecara kasat mata, DI Mondi punya potensi yang luar biasa karena memiliki sekitar 2000-an hektar lahan pertanian," kata Bonefasius Jas.

Menurut untuk sampai pada aspek pembangunan DI Mondu tentu harus dilakukan studi identifikasi desain serta diikuti detail desain serta UKL/UPL.

"Kalau luas lahan hingga 3000-an hektar membuathkan amdal. Namun jika luas lahan dibawah itu membutuhkan UKL/UPL. Ini menjadi tupoksi PPK perencanaan," ujarnya.

Selain DI Mondu di Sumba Timur, juga DI Waiha di Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) memiliki potensi yang luar biasa.

Kapolres  Sikka Persilakan  PMKRI Tanyakan  Penyidikan Judi Kupon Putih

Penyerahan DIPA TA 2019 ! Kakanwil Perbendaharan NTT Minta Perencanaan Kegiatan Lebih Awal ‎

"Saya selalu melihat potensi sumber air. Kalau potensi air bagus baru dilihat kondisi luas lahan. Jadi harus ada potensi air dan potensi lahan untuk pengembangan dan pembangunan sebuah daerah irigasi," pungkasnya. (fen)

anak-anak mandi ria di saluran irigasi sekunder Daerah Irigasi (DI) Kodi, Sumba Barat Daya
anak-anak mandi ria di saluran irigasi sekunder Daerah Irigasi (DI) Kodi, Sumba Barat Daya (istimewa)
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved