Berita NTT Terkini

Bupati Sumba Tengah Targetkan 2.000 Rumah Terlayani Air Bersih

Bupati Sumba Tengah, Drs. Paul K Limu menargetkan pelayanan sarana air bersih kepada masyarakat Kabupaten Sumba Tengah sebanyak 2.000 rumah.

Bupati Sumba Tengah Targetkan 2.000 Rumah Terlayani Air Bersih
POS-KUPANG.COM/Oby Lewanmeru
Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat menyematkan PIN kepada Bupati Sumba Tengah, Paul K Limu dan Wabup, Daniel Landa saat pelantikan di Kantor Gubernur NTT, Senin (12/11/2018) lalu. 

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Bupati Sumba Tengah, Drs. Paul K Limu menargetkan pelayanan sarana air bersih kepada masyarakat Kabupaten Sumba Tengah sebanyak 2.000 rumah.

Target pada tiga bulan pertama di tahun 2019 akan terpasang instalasi air bersih sebanyak 800 rumah.

Bupati Paul menyampaikan hal ini ketika ditemui di sela-sela acara penyerahan DIPA Tahun Anggaran 2019 di Hotel Aston Kupang, Selasa(18/12/2018).

Ketua DPR Minta Masyarakat Memberikan Ruang bagi Politisi untuk Mempersiapkan Pileg 2019

Menurut Paul, di awal kepemimpinannya bersama Wabup, Daniel Landa, air bersih merupakan perhatian utama sesuai dengan program yang sudah ditetapkan.

"Kondisi air bersih di Sumba Tengah ini sudah saya lihat langsung, bagaimana warga sulit mendapat air bersih akibat akses dan sarana terbatas. Karena itu, kita all out untuk tuntaskan kebutuhan air bersih ini," kata Paul.

Perkumpulan Pikul Ungkap Beragamnya Pangan Lokal di NTT

Dia menjelaskan, sesuai hasil survei di Sumba Tengah terdapat empat sumber air yang bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan air bersih di masyarakat.

Keempat sumber air itu, masing-masing sumber air Laigoli dengan kecepatan 30 liter perdetik, Hotu dengan 10 liter per detik Lokuyengu dengan 30 liter per detik dan Waipalu juga 30 liter per detik.

"Jadi dari total empat sumber itu bisa mencapai 100 liter per detik. Sedangkan dari sisi sumber air di wilayah Sumba Tengah ada, hanya saja sarana yang masih kurang. Karena itu kami harus tuntaskan soal sarana prasarana sehingga pelayanan dasar ini bisa terjawab secara baik," katanya.

Dikatakan, target pemasangan instalasi ke rumah sebanyak 800 rumah ini dilakukan juga secara awal,karena Sumba Tengah juga akan menjadi tempat atau tuan rumah Sidang Raya Persatuan Gereja-gereja Seluruh Indonesia(PGI) tahun depan.

"Kita tentu persiapkan secara baik terutama kebutuhan air bersih, karena kami juga akan jadi tuan rumah sidang raya PGI tahun 2019. Nanti di Waibakul menjadi tempat pertemuan Majelis Pekerja Lengkap (MPL), oleh karena itu saya sudah minta agar dipersiapkan secara baik untuk dukung kegiatan itu," ujarnya. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru)

Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved