Berita Regional Terkini

Sejak Minggu Dini Hari, Gunung Soputan Erupsi Tiga Kali

Gunung Soputan kembali erupsi Minggu (16/12/2018). Sejak erupsi pada Minggu dini hari, hingga Minggu pagi, telah erupsi sebanyak tiga kali

Sejak Minggu Dini Hari, Gunung Soputan Erupsi Tiga Kali
KOMPAS.com/Twitter Sutopo Purwo Nugroho
Gunung Soputan meletus pada Minggu (16/12/2018) dini hari hingga Minggu pagi. 

POS-KUPANG.COM | JAKARTA - Gunung Soputan kembali erupsi pada Minggu (16/12/2018). Sejak erupsi pada Minggu dini hari, hingga Minggu pagi, gunung yang berada di Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara itu, telah erupsi sebanyak tiga kali.

Kepala Pos Pemantau Gunung Soputan Asep Saifullah, seperti dikutip Antara, menyebutkan, berdasarkan pemantauan pihaknya, erupsi pertama terjadi pada pukul 01.02 WIT dengan amplitudo 40 milimeter disertai suara gemuruh.

"Letusan kedua terjadi pukul 03.09 WITA dengan tinggi kolom abu mencapai 3.000 meter dari puncak gunung. Kolom abu berwarna kelabu dengan intensitas tebal mengarah ke tenggara. Erupsi terekam dalam seismograf dengan amplitudo 40 milimeter, " kata Asep, Minggu.

Data Kendaraan Dihapus jika STNK Mati 2 Tahun, Kepala Korlantas: Itu ada Dalam Undang-undang

Tinggi kolom abu saat erupsi pukul 05.40 WITA terpantau 7.000 meter dari puncak gunung.

"Kolom abu berwarna kelabu dengan intensitas tebal dan ini mengarah ke arah barat daya," kata Asep.

Polres Sumba Timur Jaring Puluhan Kendaraan Roda Dua

Masyarakat diminta tidak melakukan aktivitas di sekitar Gunung Soputan dengan radius 4,5-6 kilometer dari puncak. Masyarakat juga diminta untuk menyiapkan masker untuk mengantisipasi hujan abu di daerah-daerah yang terdampak.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Minahasa Tenggara Ferry Uway mengungkapkan, pihaknya telah siaga mengantisipasi eskalasi dampak yang lebih besar dari erupsi Gunung Soputan.

"Kami sudah bersiaga di sekitar lokasi yang terdampak, dengan menyiapkan penanganan seperti pembagian masker," kata dia. (KOMPAS.com)

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved