Berita Kabupaten Ende

Loka POM Ende Sita 26.564.500 Kosmetik Ilegal

menghimbau kepada masyarakat agar selalu berhati-hati saat membeli kosmetik agar tidak menjadi korban dari kosmetik ilegal.

Loka POM Ende Sita 26.564.500 Kosmetik Ilegal
pos kupang.com, eugenius moa
Lustrasi: Petugas gabungan melakukan razia makanan kadaluarsa di kompleks pertokoan Kota Maumere, Pulau Flores, Selasa (5/6/2018 

Laporan Reporter Pos Kupang.Com, Romualdus Pius

POS-KUPANG.COM,ENDE--- Sebagai upaya untuk menurunkan tingkat peredaran kosmetika ilegal dan menunjukan kinerja Badan POM dalam melindungi kesehatan masyarakat dari resiko kesehatan akibat pengunaan kosmetika, maka Loka POM di Kabupaten Ende melakukan aksi penertiban pasar bersama dari kosmetika ilegal dan atau mengandung bahan berbahaya.

Kegiatan ini serentak dilakukan di seluruh Indonesia pada Bulan November sampai Desember 2018 dengan sasaran di tiga Kabupaten yakni Ende, Nagekeo dan Ngada dan dari penertiban tersebut Loka POM Ende berhasil menyita sebanyak 26.564.500 kosmetik ilegal.

Kepala Loka POM Ende, Tamran Ismail mengatakan hal itu, Sabtu (15/12/2018) di Ende.

Dirincikan dari pelaksanaan penertiban pasar oleh tim Loka POM Ende di tiga kabupaten menemukan hasil di Kabupaten Nagekeo ditemukan sebanyak 1.280.000 dan Ngada 17.189.000 serta Kabupaten Ende 8.095.500. Sehingga total dari tiga kabupaten tersebut tercatat ada 26.564.500 kosmestik ilegal yang berhasil diamankan oleh tim loka POM Ende.

BREAKING NEWS: Seorang Guru di TTU Serahkan Senjata Api Jenis Springfield 

Tamran mengatakan bahwa melihat hasil penyitaan terhadap berbagai jenis kosmetik maka menunjukan bahwa kosmetik ielgal memang banyak beredar di tiga kabupaten yang merupakan wilayah kerja dari Loka POM Ende.

“Yang kami lakukan operasi pasar baru di pasar yang ada didalam wilayah perkotaan belum lagi di kecamatan dan juga desa pada kios dan toko tentu akan menemukan produk kosmetik ilegal,”kata Tamran.

Tamran mengatakan bahwa berbagai produk obat dan makanan ataupun minuman juga kosmetik dikatakan ilegal apabila telah melewati masa edar atau telah kadaulawarsa juga ada yang tidak memiliki ijin edar namun tetap beredar.

Oleh karena itu, pihaknya menghimbau kepada masyarakat agar selalu berhati-hati saat membeli kosmetik agar tidak menjadi korban dari kosmetik ilegal.

“Sebelum membeli hendaknya harus memperhatikan waktu kadaluawarsa dan juga ijin edarnya. Jangan mudah tergiur dengan berbagai tawaran karena belum tentu apa yang ditawarkan tersebut adalah produl legal,”kata Tamran.

Tamran mengatakan bahwa terhadap keberadaan kosmestik ilegal pihaknya selain menyita barang yang ada yang selanjutnya dimusnahkan pihaknya juga memanggil para pemilik toko maupun kios yang diketahui masih menjual produk ilegal untuk diberi pembinaan.

“Pada awalnya diberikan pembinaan dan peringatan sebanyak tiga kali dan apabila masih melanggar maka akan ditempuh upaya hukum sebagai bentuk efek jera kepada yang bersangkutan maupun kepada orang lain,”kata Tamran.

Disaksikan Pos Kupang tampak ratusan produk kosmetik ilegal diamankan di Loka POM Ende. Kosmetik tersebut selanjutnya akan dimusnahkan oleh Loka POM Ende. (*)

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved